232 Ibu Hamil di Bungo Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Dinkes Kabupaten Bungo
Dinkes Bungo Saat Gelar Vaksinasi Covid-19 Kepada Bumil

LAMPUKUNING.ID,BUNGO-Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo kini menggencarkan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Termasuk vaksinasi untuk ibu hamil (bumil), hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi resiko berat apabila terinfeksi covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. Dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan Vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil.

Sebanyak 232 orang ibu hamil di Kabupaten Bungo sudah mendapatkan suntikan Vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua. Diketahui sebelumnya target sasaran kepada ibu hamil sejumlah 3.882 orang
Adapun pencapaian Vaksinasi kepada ibu hamil Dosis pertama sebanyak 232 orang, dan Dosis kedua sebanyak 29 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Bungo dr Syafaruddin matondang,M.PH saat dikonfirmasi Senin (11/10/2021) menjelaskan, Vaksinasi terhadap ibu hamil menjadi satu kunci, Selin menerapkan Protokol kesehatan karena ibu hamil memiliki resiko yang besar terpapar Covid-19.

Syafaruddin mengungkapkan, seluruh puskesmas sebanyak 19 Puskesmas di tingkat Kecamatan Wilayah Kabupaten Bungo sudah siap menangani ibu hamil untuk mengikuti penyuntikan Vaksinasi Covid-19.

Dari data yang dihimpun melalui Puskesmas di wilayah Kabupaten Bungo terdapat 3 Puskesmas yang paling banyak melakukan penyuntikan Vaksinasi kepada ibu hamil, diantaranya Puskesmas lubuk landai Kecamatan Tanah Sepenggal sebanyak 39 orang, Puskesmas Tanjung agung Kecamatan Muko-Muko Bathin VII 30 orang, dan Puskesmas Tanah tumbuh sebanyak 28 orang.

Lebih lanjut Syafaruddin menambahkan, Minimnya capaian vaksinasi bumil juga disebabkan banyaknya bumil yang enggan dan takut divaksin karena sedang mengandung. Oleh karena itu, kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo Melalui Puskesmas Jajaran di wilayah Kabupaten Bungo akan melakukan edukasi dan sosialisasi.

“Vaksin Ibu Hamil masih terus berlanjut, kita juga gencarkan. Tapi sampai sekarang masih berjalan dipuskesmas puskesmas terdekat jika ada mau vaksin ,” kata syafaruddin

Safarudin menambahkan hingga saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Jambi terkait ketersediaan vaksin sinovac , Sehingga percepatan vaksinasi ibu hamil maupun sekolah sekolah berjalan optimal. (Gas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *