Antusiasme Tinggi, Masyarakat Danau Kerinci Sambut Positif Kegiatan BPJS Keliling

(Pelayanan BPJS Kesehatan di Danau Kerinci,Kabupaten Kerinci. Foto asal: jamkesnews)

LAMPUKUNING.ID,KERINCI– Satu dekade Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus upayakan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, salah satunya melalui layanan BPJS Keliling. Kegiatan tersebut disambut positif oleh masyarakat Kerinci, tepatnya saat dilaksanakan BPJS Keliling pada UPTD Dinas Pariwisata Danau Kerinci di Kabupaten Kerinci pada Rabu,(21/08).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa melalui BPJS Keliling diharapkan masyarakat dapat memaksimalkan kemudahan layanan administrasi dimana masyarakat dapat berinteraksi dengan petugas BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor.

Bacaan Lainnya

“Bahwa saat ini kami terus mengadakan kegiatan BPJS Keliling setiap minggunya, tentu demi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan administrasi dari Program JKN.

Mengingat luas wilayah di Kabupaten Kerinci, diharapkan melalui kegiatan BPJS Keliling ini kami dapat menyisir tiap-tiap wilayah atau tempat keramaian sehingga bisa dimaksimalkan pelayanan yang diterima oleh masyarakat.

Kami akan terus berusaha maksimal untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, BPJS Keliling rutin dijadwalkan di beberapa titik strategis untuk menjangkau layanan kepada masyarakat.” kata Asfurina.

Asfurina menambahkan, untuk kegiatan BPJS Keliling kali ini yang dilaksanakan di UPTD Dinas Pariwisata Danau Kerinci sangat ramai dihadirkan oleh masyarakat yang antusias. Hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyebarluaskan informasi tentang transformasi mutu layanan program JKN yang mudah, cepat, dan setara.

Untuk kegiatan BPJS Keliling kali ini terdapat penambahan Peserta JKN sebanyak 16 Jiwa, pendaftaran pada Aplikasi Mobile JKN sebanyak 5 Peserta, Pendaftaran Program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB) 1 Kepala Keluarga (KK), Pembayaran Tunggakan Iuran sejumlah 2 Kepala Keluarga (KK), serta pengecekan informasi dan pelaporan lainnya.

Salah seorang Peserta yang dilayani pada saat kegiatan BPJS Keliling tersebut, Tini, yang mendaftarkan 3 anggota keluarganya agar terjamin Program JKN. Tini merasakan pentingnya dan manfaat serta kemudahan akses layanan JKN sehingga melalui kegiatan BPJS Keliling tersebut Ia segera mendaftarkan keluarganya sebagai Peserta JKN aktif.

“Ternyata sekarang mengurus BPJS Kesehatan serba mudah dan cepat. Dulu kami perlu menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan di kantor, tapi sekarang pegawai BPJS Kesehatan sudah berkeliling untuk hadir ke Desa Kami. Apalagi dengan adanya Aplikasi Mobile JKN yang memiliki banyak fitur dan menawarkan banyak kemudahan layanan mandiri didalamnya.

Untuk itu saya daftarkan anggota keluarga yang lain agar aktif.” Tutur Tini. Tini berharap agar rutinitas BPJS Keliling ini dapat terus dilanjutkan ke wilayah lain secara merata agar masyarakat lain dapat menerima manfaat yang sama.

Sementara itu, Safri, warga desa yang juga antusias ikut ke Lokasi BPJS Keliling turut mengungkapkan kesan positif terhadap pelayanan JKN. Sebagai salah satu peserta Penerima Bantuan Iuran, ia berharap agar BPJS Kesehatan mempertahankan komitmen dalam memaksimalkan pelayanan peserta.

“Kalau dulu harus jauh-jauh ke kantor, sekarang BPJS Kesehatan yang mendatangi kami. Sama halnya dengan dulu harus bawa kartu, sekarang sudah ada semuanya di ponsel. Cukup dengan satu aplikasi Mobile JKN, sudah bisa ubah data, lihat status kartu, bahkan ambil antrian. Pokoknya serba mudah. Terima kasih BPJS Kesehatan.” Ungkap Safri.

Ia melanjutkan, “Saya sudah menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat ke Puskesmas maupun rumah sakit, tanpa tambahan biaya sedikitpun. Oleh karena itu saya ingin mengajak masyarakat setempat yang lain yang belum terdaftar program JKN agar ikut merasakan manfaat yang luar biasa dari BPJS Kesehatan, “Safri.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *