BPJS Keliling Bantu Tunggakan Iuran JKN Warga Desa Lidung

SAROLAMGUN,LAMPUKUNING.ID– Dalam rangka meningkatkan kemudahan layanan administrasi kepesertaan Program JKN, BPJS Kesehatan Kabupaten Sarolangun menggelar layanan BPJS Keliling di Desa Lidung Kabupaten Sarolangun, Rabu (01/11).

Bacaan Lainnya

Selain memberikan pelayanan administrasi dengan metode jemput bola, pada kegiatan BPJS Keliling tidak lupa mengenalkan program-program baru untuk kemudahan layanan oleh peserta JKN.

Antusias yang besar terlihat dari ramainya masyarakat yang hadir pada kegiatan BPJS Keliling di Desa Lidung. Tanpa harus datang ke kantor, saat ini warga sekitaran Desa Lidung dapat menikmati pelayanan administrasi seperti pendaftaran baru, pengecekan dan perubahan data peserta, serta Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) yang dapat mencicil tunggakan iuran peserta JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa tahun 2023 ini BPJS Kesehatan berfokus pada Tranformasi Mutu Layanan. Untuk itu diharapkan langkah tersebut dapat memberikan layanan pada peserta JKN yang mudah, cepat dan setara.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan yaitu melalui BPJS Keliling mendatangi desa dan wilayah yang kesulitan jangkauan untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan atau titik keramaian yang dapat diakses oleh orang sekitar.

“Harapan kita tentunya tercapai pelayanan yang mudah, cepat dan setara seperti yang selalu kita upayakan demi mewujudkan kepuasan peserta JKN dan kualitas pelayanan yang meningkat.

Tiap minggunya bahkan bisa dua kali dalam seminggu tim BPJS Keliling akan mendatangi titik yang telah dijadwalkan untuk membuka layanan administrasi disana, diantaranya masyarakat dapat melakukan pengecekan status keaktifan kepesertaan, pengecekan dan pembayar tunggakan iuran, serta dapat menyicil tunggakan yang sekiranya belum dapat dilunasi sekaligus melalui Program REHAB,” kata Asfurina.

Ubaidillah, salah seorang peserta yang hadir pada kegiatan BPJS Keliling, langsung memanfaatkan kesempatan tersebut dan memaksimalkan layanan yang ada.

Ia menyebutkan bahwa kehadiran BPJS Keliling adalah hal yang Ia tunggu-tunggu karena kegiatan tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat sekitar untuk melakukan pengurusan administrasi Program JKN tanpa harus datang langsung ke kantor.

“Tentunya masyarakat di sini sangat terbantu ketika tahu bahwa akan ada kegiatan dari BPJS Kesehatan hari ini di Kantor Desa Lidung. Tanpa perlu repot datang ke kantor BPJS Kesehatan, kami bisa bertemu langsung dengan petugas dan bertanya tentang Program JKN dengan leluasa.

Termasuk saya sendiri sebagai peserta JKN yang bahkan telah pernah merasakan manfaat dari kehadiran Program JKN, sehingga ketika mendapatkan informasi bahwa hari ini ada jadwal BPJS Keliling ke desa kami, saya antusias untuk hadir,” kata Ubaidillah.

Ubaidillah juga telah menyiapkan uang untuk melunasi tunggakan iuran yang selama ini dimilikinya. Ia dan keluarga paham betul bagaimana pelayanan dari Program JKN yang berkualitas dan tanpa diskriminasi.

Bersamaan dengan kegiatan BPJS Keliling hari ini, ia pun bertekad melunasi tunggakan iurannya yang hampir mencapai dua juta rupiah. Ubaidillah yang berprofesi sebagai petani tidak memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya, sehingga ketika ada rezeki dan kesempatan, ia pun segera melunasi tunggakan JKN yang ada.

“Mumpung ada rezeki juga tentunya saya sangat ingin langsung mengaktifkan kepesertaan yang selama ini memiliki tunggakan iuran. Tunggakan itu telah saya bayar lunas. Saya lega karena sudah menyelesaikan kewajiban untuk saling gotong royong membantu sesama peserta JKN yang membutuhkan pada saat sakit.

Terdaftar sebagai peserta JKN dengan status kepesertaan aktif tentunya sangatlah penting. Selain dapat digunakan pada kapan saja dan di mana saja, kita juga dapat saling membantu sesama. Beberapa waktu lalu pun istri saya pernah melahirkan semuanya ditanggung oleh Program JKN,” kata Ubaidillah.(AS/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *