BPJS Kesehatan Bersama Beberapa OPD Laksanakan PDKT di Danau Kerinci

(Pelayanan PDKT BPJS Kesehatan di Danau Kerinci. -foto dok:bpjs kesehatan) 

Bacaan Lainnya

KERINCI,LAMPUKUNING.ID– Demi memudahkan akses pelayanan administrasi Program JKN kepada Masyarakat Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo menggelar kegiatan Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT), Jumat (08/12).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kerinci terutama yang hadir bertugas memberikan Pelayanan Publik Terpadu.

Pj. Bupati Kerinci, Asraf menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan administrasi dengan sistem jemput bola dan satu pintu seperti kegiatan PDKT diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat yang notabene memiliki jarak yang jauh dan akses menempuh kantor lumayan sulit. Hal tersebut juga mendekatkan dengan tujuan bersama yaitu meningkatkan cakupan kepesertaan JKN di Kabupaten Kerinci.

“Pelayanan Publik Terpadu merupakan gabungan dari beberapa OPD di antaranya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja, Dinas Sosial, BPPD, Perpustakaan, Samsat, di UPTD Pariwisata Danau Kerinci.

Tujuannya tidak lain untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya yang tinggal bagian hilir Kabupaten Kerinci. Harapannya, saat ini masyarakat Kabupaten Kerinci yang belum mendapatkan pelayanan publik yang optimal akibat jarak dan waktu, bisa diakomodir,” ujar Asraf.

Ditemui pada kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa kegiatan PDKT seperti kegiatan jemput bola keliling tersebut memang rutin dilaksanakan. Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo rutin mengunjungi tiap-tiap kabupaten di wilayah kerjanya, seperti Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Kegiatan PDKT dengan metode jemput bola ini rutin kami laksanakan di BPJS Kesehatan untuk menghadirkan kemudahan layanan administrasi bagi masyarakat yang sekiranya sulit mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

Dengan tujuan agar masyarakat merasakan layanan yang mudah, cepat dan setara maka melalui kegiatan PDKT tersebut masyarakat yang hadir dapat mengakses layanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, dan perubahan data kepesertaan. Bahkan masyarakat juga bisa mendaftar dalam Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk membayar tunggakan iuran JKN dengan cara dicicil.

Kami juga membantu masyarakat untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN karena terdapat banyak fitur kemudahan secara digital yang tersedia,” kata Asfurina.

Asfurina menambahkan bahwa melalui tranformasi mutu layanan pelaksaan Program JKN, BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat dan peserta JKN. Mulai dari pendaftaran sebagai peserta hingga pada saat pemanfaatan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh peserta JKN. Selain kemudahan akses dari kanal tatap muka seperti kegiatan BPJS Keliling atau PDKT, juga tersedia kanal non tatap muka.

“Sebut saja, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) dengan mengirim pesan WhastApp ke nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat diakses 24 jam, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), serta Aplikasi Mobile JKN.

Pada Aplikasi Mobile JKN, para peserta dapat mengakses beberap fitur yang memberikan kemudahan seperti cek info iuran, pendaftaran Program REHAB, mengisi skrining riwayat kesehatan secara mandiri serta dapat mengubah data peserta tanpa perlu datang ke kantor,” ujar Asfuina.

Salah satu pengunjung yang hadir pada kegiatan PDKT tersebut, Harimah menyampaikan bahwa melalui kegiatan PDKT tentunya sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan administrasi Program JKN tanpa perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

“Melalui kegiatan ini tentunya sangat memudahkan masyarakat, dengan mendatangi satu tempat saja kami bisa merasakan berbagai akses pelayanan baik dari BPJS Kesehatan maupun OPD lainnya sehingga saat efektif.

Selain itu, dengan kemudahan layanan melalui kegiatan PDKT ternyata lebih memudahkan lagi dengan Aplikasi Mobile JKN karena bisa diakses dari mana saja,” ujar Harimah.(AS/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *