Danau Sipin Bakal Dibangun Dermaga dan Pintu Air

LAMPUKUNING.ID,KOTA JAMBI-Danau Sipin Kota Jambi akan dikelolah oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Siginjai Sakti Kota Jambi. Pengelolaan Danau Sipin tersebut untuk menggali potensi oendapatan asli daerah (PAD) Kota Jambi daei sektor wisata.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Walikota Jambi Syarif Fasha, BUMD Siginjai Sakti memang akan mengelola wisata Danau Sipin. Saat ini wisata Danau Sipin memang belum maksimal, karena masih ada beberpa program lanjutan untuk membangun beberapa sarana di Danau Sipin tersebut.

“Beberapa sarana diantaranya, pintu-pintu dan dermaga. Saat ini dermaga belum ada,” kata Fasha.

Lebih lanjut Fasha menyebutkan, rencana program teesebut akan dibangun melalui dana pinjaman Pembangunan Ekonomi Nasional (PEN) yang saat ini tengah diajukan.

“Selain wisata Danau Sipin, juga nanti hutan Muhammad Sabki akan dikelola oleh BUMD,” sebutnya.

Fasha mengatakan bahwa diperkirakan pinjaman dana PEN tersebht bakal cair tahun ini.

“Ada beberapa program nanti yang bakal didanai oleh pinjaman PEN ini, salah satunya pengembangan wisata Danau Sipin,” katanya.

Dikatakan Fasha, kelebihan pinjaman PEN tersebut yakni bunganya lebih murah. Selain itu juga beban angsuran tidak tergantung dengan masa jabatan kepala daerah.

“Jadi paling cepat lima lima tahun, tapi mau sepuluh atau lima belas tahun boleh. Tergantung kekuatan keuangan daerah. Saat ini tengah dilakukan verifikasi,” katanya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Fitra Sukmana mengatakan, Pemerintah Kota Jambi tahun 2021 ini masih mengalokasikan pembangunan di Danau Sipin.

“Ada pembuatan beronjong sepanjang 50 meter dan juga pelebaran jogging track, dilebarkan sekitar 1 meter. Itu khusus yang ada di rest area saja. Kurang lebih sepanjang 200 meter,” kata Kabid Cipta Karya, Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Fitra Sukmana.

Momon mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk pembangunan tersebut. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *