Bungo

Dinas PMD Bungo Gelar Bimtek Pengkajian Pemetaan Wilayah Desa dan Batas Desa

Kepala Dinas PMD, Taufik Hidayat (nomor dua dari kiri) bersama Kasi Pengembangan Kapasitas Desa, Kasi APM Dusun dan narasumber

LAMPUKUNING.ID, BUNGO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bungo melalui Bidang Adminstrasi Dusun menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Pemetaan Wilayah Desa dan Batas Desa, Jumat (26/04).

Acara bertempat di Ball Room Hotel Amaris Muara Bungo yang diikuti Rio (kepala desa, red) dari 55 dusun yang ada di Kabupaten Bungo. Acara ini dihadiri Kepala Dinas PMD Bungo, Taufik Hidayat, Kasi Pengembangan Kapasitas Desa, Santoso dan Kasi APM Dusun, Yurnita Ramadhani.

Taufik Hidayat mengatakan tahun ini ada 55 dusun di Kabupaten Bungo yang dalam waktu dekat akan ditetapkan batas desa. Penetapan batas desa ini katanya juga harus memenuhi unsur seperti desa yang akan ditetapkan batas wilayah, tidak berbatasan dengan kabupaten maupun provinsi.

“Untuk tahun ini, dana dari bagian pemerintahan itu dianggarkan untuk 55 dusun, jadi 55 dusun akan ditetapkabn batas dengan desa-desa di sebelahnya, dipilihlah desa desa ini yang tidak berbatasan dengan kabupaten dan provinsi lain, kita cari yang berbatasan dengan desa dan kecamatan,” ucapnya.

Para peserta yang terdiri dari Rio saat mengikuti Bimtek

Terkait desa yang berbatasan dengan provinsi, Taufik mengungkapkan hal itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pusat. Dalam hal ini Dinas PMD hanya mengakomodir desa yang berbatasan dengan desa lain atau kecamatan dalam kabupaten.

“kita harapakan disini 55 desa, dan harapannya seluruh desa ini punya batas, kalau batas sudah jelas batas desa, batas kecamatan sudah jelas,” paparnya.

Foto bersama usai kegiatan

Sementara itu Ia berharap melalui Bimtek ini dapat memberikan pemahaman kepada Rio terkait tugas pendampingan dalam menentukan batas wilayah dusun atau desa.

“Diharapkan kepada datuk rio dan datin, karena tim Badan Informasi Geospasial akan turun, jadi diberikan pemahamn dulu, jadi sudah tau tugas pendampingan dalam menentukan batas wilayah,” tutupnya. (Red/Adv)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Lampukuning.id | PT Raja Media Siginjai

To Top