Dr.Drs.H. Fachrori Umar,M.Hum Resmi Menjadi Gubernur Jambi

 

Bacaan Lainnya

LAMPUKUNING.ID, JAKARTA – Dr.Drs.H. Fachrori Umar,M.Hum resmi menjadi Gubernur Jambi usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (13/2). Fachrori menggantikan Zumi Zola, terpidana kasus korupsi. Fachrori akan meneruskan sisa masa jabatan hingga 2021.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Fachrori Umar mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Pelantikan Fachrori itu berdasarkan surat Keputusan Presiden No 16/P tahun 2019 tertanggal 12 Februari 2019.

Pelantikan itu juga dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Kalla, para menteri Kabinet Kerja, para kepala lembaga tinggi negara, sejumlah ketua partai politik dan juga Gubernur Jawa Timur 2014-2019 Soekarwo serta sejumlah pejabat negara dan daerah lainnya.

Sebelum dilantik, Fachrori Umar bersama dengan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa dan Emir Dardak menerima salinan surat keputusan presiden di Istana Merdeka dan arak-arakan bersama dengan Presiden dan Wakil Presiden dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Setelah pengucapan sumpah jabatan Fachrori menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur.

Fachrori Umar menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Jambi sejak 10 April 2018. Ia menjabat Wakil Gubernur Provinsi Jambi periode 2010-2015, lalu menjabat kembali sejak 2016 hingga 2018. Sebelumnya Fachrori menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado (2008-2010).(Red/Fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *