LAMPUKUNING.ID,MERANGIN– Sebagai upaya peningkatan layanan sekaligus memudahkan aksesibilitas masyarakat akan kebutuhan administrasi pada Program JKN, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Bungo gencar laksanakan kegiatan BPJS Keliling. Layanan BPJS Keliling kali ini hadir di wilayah Tabir Lintas, Kabupaten Merangin pada Rabu, (28/08/24).
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Bungo, Asfurina mengatakan bahwa pelayanan BPJS Keliling dilakukan secara rutin di berbagai titik wilayah dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
“Layanan yang diberikan di BPJS Keliling sama seperti pelayanan di kantor, seperti pendaftaran baru, perubahan data Peserta, cek status dan iuran, permintaan informasi, serta edukasi terkait kemudahan layanan non tatap muka sehingga BPJS Keliling menjadi solusi bagi masyarakat yang terkendala jarak untuk datang ke kantor.” Ujar Asfurina.
Asfurina menambahkan agar melalui kegiatan BPJS Keliling diharapkan setiap masyarakat wilayah Kecamatan Tabir Lintas dapat memaksimalkan kemudahan layanan administrasi yang ada.
“Selain layanan administrasi, BPJS Keliling juga diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat yang belum memahami sepenuhnya terkati Program JKN, seperti alur pelayanan berobat, pengisian skrining riwayat kesehatan secara mandiri dari aplikasi Mobile JKN dan juga dapat mencicil tunggakan iuran melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab),” tambah Asfurina.
Pada kegiatan BPJS Keliling kali ini, terdapat 4 Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 10 Jiwa yang mendaftar sebagai peserta baru, sebanyak 17 peserta memperoleh layanan administrasi dan pemberian informasi. Salah satu peserta yang datang ke Puskesmas Tabir Lintas untuk mendaftar sebagai peserta baru adalah Suroso.
Suroso mengapresiasi kegiatan BPJS Keliling yang membuatnya tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor. “Saya sudah lama ingin mendaftar sebagai Peserta JKN. Berbagai kerabat saya sudah berbagi pengalaman positif mereka menggunakan BPJS untuk berobat.
Tapi saya selalu terkendala waktu dan jarak untuk mengurusnya ke Kantor BPJS Kesehatan. Syukurlah, kali ini dapat menghadiri kegiatan BPJS Keliling sehingga saya tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan dan tentunya juga menghemat ongkos saya.” kata Suroso.
Saat ditanyakan soal kesan mendapatkan pelayanan, Suroso mengungkapkan, “Bagus. Petugas ramah dan sopan, pendaftarannya juga mudah. Ternyata bisa lebih mudah lagi lewat aplikasi Mobile JKN. Nanti akan saya coba aplikasinya untuk mengambil nomor antrean jika dibutuhkan akan berobat ke fasilitas kesehatan katanya bisa ambil antrean dari rumah jadi tidak terlalu lama menunggu di faskes.” tutup Suroso.(*)