Ini Ciri-Ciri Virus Corona

Tim Medis Rumah Sakit Wuhan gunakan baju pelindung spaat membawa korban virus corona

JAKARTA-Epidemi virus corona yang mematikan dan menyebar secara global, diduga berasal dari Wuhan,China.

Dikutip dari independent.co.uk Korban meninggal akibat virus corona sampai Minggu pagi (25/010/2020) sudah mencapai 56 orang dengan Total 1.975 terinfeksi Virus

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilansir oleh indopolitika.com, Ada tiga gejala yang perlu kita waspadai, demam karena radang di jaringan paru, batuk baik kering atau berdahak, dan kesulitan bernapas,” jelas Erlina Burhan, Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI) saat konferensi pers di Rumah PDPI, Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).

Akan tetapi, lanjut Erlina, bukan berarti saat ketiga gejala timbul pada seseorang, bisa dipastikan orang tersebut terkena penyakit pneumonia Wuhan. Dia menyarankan, saat timbul gejala demam, batuk dan kesulitan bernapas misal dada berat, napas pendek, atau sesak sebaiknya segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Kemenkes RI, Anung Sugihantono mengatakan, gejala umum dari pneumonia adalah demam, batuk, dan sulit bernapas.

“Warga yang mengalami gejala tersebut harus segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Anung, menyitat laman resmi Kemenkes RI.

Dan berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghindari virus corona:

1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
4. Gunakan masker (*/rif)

 

Sumber : indopolitika.com

Pos terkait