Jokowi Tunjuk Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah memasuki masa pensiun pada November 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Ketua DPR RI Puan Maharani setelah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memberikan Surat Presiden (Surpres) mengenai pengganti Hadi Tjahjato sebagai Panglima TNI.

“Melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Puan dalam jumpa pers di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/11).

Mantan Menko PMK ini menjelaskan Presiden Jokowi hanya mengusulkan satu nama untuk menjadi Panglima TNI yakni Jenderal Andika Perkasa.

“Presiden mengusulkan hanya satu nama calon Panglima TNI untuk dapat mendapatkan persetujuannya,” kata Puan.

Ketua DPP PDIP tersebut mengatakan, untuk proses selanjutnya nama Andika Perkasa ini akan dibawa dalam fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayanan untuk menjadi Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

“Pimpinan yang menugaskan salah satu alat kelengkapan dewan dalam hal ini Komisi I DPR untuk melakukan pembahasan dan fit and proper test, dan selanjutnya Komisi I DPR akan melaporkan untuk dapat memperstujuannya,” ungkapnya.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam. (Jawapos.com)

Sumber :palpos.sumeks.co

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *