Pelayanan BPJS Kesehatan Kini Dapat Dinikmati di Puskemas Lempur, Kecamatan Bukit Kerman Kerinci

( Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Lempur, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci. -foto:bpjs Kesehatan) 

Bacaan Lainnya

KERINCI,LAMPUKUNING.ID– Sebagai langkah dalam mendekatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kerinci, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo menghadirkan layanan BPJS Keliling di Puskesmas Lempur di Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci, Jumat (13/10).

Layanan BPJS Keliling merupakan kemudahan akses yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan untuk menghadirkan pelayanan administrasi yang mudah, cepat dan setara terkait Program JKN kepada masyarakat yang memiliki kesulitan akses ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa pihaknya terus mengupayakan kemudahan pelayanan Program JKN kepada masyarakat sehingga peserta JKN dapat lebih mudah mengurus proses administrasi kepesertaan Program JKN.

“Kami terus upayakan kemudahan pelayanan bagi peserta JKN salah satunya dengan kegiatan BPJS Keliling. Setiap minggunya kami akan mendatangi desa, kecamatan, Puskesmas atau pusat keramaian dengan membuka pelayanan administrasi seperti pendaftaran baru peserta JKN, perubahan data peserta, cek tunggakan dan pembayaran tunggakan.
Harapan kami, masyarakat sekitar yang sekiranya belum sempat ke kantor atau terkendala jarak tempuh dapat dibantu dan dimudahkan melalui kegiatan BPJS Keliling ini,” kata Asfurina yang ditemui Jamkesnews pada kesempatan terpisah.

Ia juga berharap, melalui BPJS Keliling, akan banyak masyarakat di pelosok Indonesia yang bisa menjadi peserta JKN. Selain itu, juga diharapkan BPJS Keliling dapat meningkatkan validitas data peserta JKN yang didaftarkan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya saat ini.

 Asfurina menambahkan bahwa melalui BPJS Keliling di Puskesmas Lempur memberikan hasil pada pendaftaran peserta baru segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) sekitar 144 Kepala Keluarga (KK), pendaftaran segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 12 jiwa, dan skrining riwayat kesehatan sebanyak 27 jiwa.

“Lewat BPJS Keliling di Puskesmas Lempur diharapkan masyarakat juga merasakan transformasi mutu layanan yang mudah, cepat dan setara. Bagaimana tidak, jarak antara BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Kerinci dengan wilayah Puskesmas Lempur lebih kurang menempuh 60 menit untuk sekali jalan.
Saat ini, cukup dengan kami membuka layanan administrasi di Puskesmas Lempur maka banyak masyarakat sekitar bisa mengakses layanan sama seperti ke kantor BPJS Kesehatan.

Tidak lupa, kami juga informasikan transformasi mutu layanan lainnya seperti penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Jadi pada saat berobat cukup ditunjukkan saja, sehingga tidak lagi perlu fotocopy berkas pada saat ingin berobat,” kata Asfurina.

Salah satu peserta JKN yang ikut merasakan kemudahan layanan BPJS Keliling di Puskesmas Lempur hari ini, Emi Elita menyampaikan bahwa dirinya merasa sangat dimudahkan dan senang ketika mengetahui informasi bahwa tim dari BPJS Kesehatan akan datang hari ini.

“Kebetulan memang dapat informasi bahwa hari ini ada kedatangan orang BPJS Kesehatan ke Puskesmas Lempur. Tentu saya tidak melewatkan kesempatan ini karena ada beberapa hal yang ingin ditanyakan.

Sekalian ingin memperbarui data kepesertaan sesuai segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) karena kebetulan sekarang sudah menjadi P3K di sektor pendidikan. Tidak perlu lagi ke kantor. Saya pribadi sangat mengapresiasi kemudahan layanan  dari BPJS Kesehatan ini,” kata Emi.

Selain itu,Trisnawati yang merupakan salah satu warga desa setempat, juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, pendaftaran peserta JKN jadi semakin mudah melalui BPJS Keliling.

“Dengan persyaratan yang mudah, administrasi yang cepat serta perlakuan yang setara tanpa dibeda-bedakan pelayanan administrasi BPJS Keliling memang sangat membantu, bisa dieksekusi langsung di sini,”kata Tri sambil tersenyum.(LK/AS/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *