Pelayanan BPJS Kesehatan Makin Mudah, Cepat, dan Setara

MUARA TEBO, LAMPUKUNIG.ID-Demi memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN yang mudah, cepat, dan setara, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo melakukan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bersama Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Saniatul Lativa Sukandar di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Kamis (20/07) yang lalu.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Saniatul menyampaikan bahwa Program JKN yang digagas oleh negara untuk memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan Program JKN diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

“Pada dasarnya, kesehatan itu adalah kebutuhan dasar manusia yang menjadi fokus utama dalam menjalani kehidupan.

Melalui sosialisasi ini diharapkan semakin banyak dari kita yang paham dan mengerti tentang hak serta kewajiban kita sebagai peserta JKN maupun sebagai masyarakat Indonesia.

Melalui sosialisasi ini juga diharapkan kami dapat merasakan langsung pengalaman pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat, sehingga ke depannya juga dapat menjadi catatan untuk terus berbenah,” tutur Saniatul.

Selain menyuarakan hak dan kewajiban peserta JKN, Saniatul menambahkan bahwa kehadiran Program JKN di tengah masyarakat demi kebaikan bersama.

Menurutnya, hadirnya Program JKN ini sebagai bentuk perlindungan jaminan kesehatan bagi diri sendiri serta keluarga.

Ditemui pada kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Program JKN ini terus dilakukan agar seluruh masyarakat paham bahwa kehadiran Program JKN memberikan jaminan kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan bangsa.

Asfurina menambahkan bahwa selain untuk perlindungan diri, kehadiran Program JKN dengan sistem gotong royong juga sebagai bentuk kepedulian bersama untuk menolong sesama demi meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat.

“Selain untuk jaminan kesehatan diri pribadi dan keluarga, melalui Program JKN dengan pembayaran iuran yang gotong royong artinya kita saling menolong sesama. Mungkin hari ini kita sehat dan rutin membayar iuran sehingga dapat membantu peserta lain yang saat ini membutuhkan layanan kesehatan.

Siapa tahu di kemudian hari jika kita yang sedang membutuhkan, kita juga dibantu dari iuran yang rutin dibayarkan oleh orang lain,” kata Asfurina.

Asfurina menambahkan, BPJS Kesehatan terus bertransformasi memberikan layanan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN sehingga memberikan pengalaman layanan kesehatan yang memuaskan dan berkualitas.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan kemudahan kepada peserta baik dari segi pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, salah satunya dengan memberlakukan kebijakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP sebagai identitas peserta JKN.

“Peserta JKN yang ingin berobat apabila Kartu Indonesia Sehat (KIS)-nya hilang, rusak atau tidak terbawa maka dapat menunjukkan NIK/KTP saja ke petugas di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), maka akan

dapat dilayani sepanjang kepesertaannya bersifat aktif. Selain itu, kita telah informasikan juga kepada seluruh fasilitas kesehatan bahwa kita berupaya membuat praktis pelayanan kepada peserta dengan tidak meminta salinan berkas-berkas apapun. Berobat cukup dengan menunjukkan KTP,” tegas Asfurina.

Ia menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan juga meningkatkan mutu layanan dari segi administrasi dengan kanal layanan administrasi yang dapat diakses oleh masyarakat berbagai kalangan. Menurut Asfurina, kini layanan administrasi JKN cukup diurus dari rumah saja.

“Peserta JKN dapat menghubungi Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) pada nomor 08118165165. Selain itu, antrean online dari rumah juga bisa diambil dari Aplikasi Mobile JKN. Kalau butuh layanan darurat 24 jam bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Kami juga menghadirkan pelayanan tatap muka langsung mendatangi desa dan wilayah masyarakat sekitar dengan BPJS Keliling yang akan menyisir daerah-daerah setiap minggunya,” ungkap Asfurina.(AW/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *