Radovan Karadzic Pembantai 8000 Muslim Bosnia Dihukum Seumur Hidup Akan Dikirim Ke Inggris

Radovan Karadzic (foto:thesun.co.uk)

LAMPUKUNING.ID – Radovan Karadzic pemimpin perang Serbia Bosnia di hukum atas kejahatan genosida selama perang tahun 1992-1995.Karadzic merupakan dalang politik di balik kejahatan Serbia dalam perang Bosnia 1992-1995.

Dilansir dari thesun.co.uk, Dia dihukum pada Maret 2016 atas 10 dakwaan termasuk genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang.

Dia juga dinyatakan bersalah memimpin kampanye pembersihan etnis yang mengusir Kroasia dan Muslim dari wilayah yang diklaim Serbia di Bosnia.

Dalam persembunyian selama hampir satu dekade, Karadzic ditangkap dan diserahkan ke pengadilan pada Juli 2008.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan: “Radovan Karadzic adalah satu dari sedikit orang yang dinyatakan bersalah melakukan genosida.

“Dia bertanggung jawab atas pembantaian pria, wanita dan anak-anak di genosida Srebrenica dan membantu menuntut pengepungan Sarajevo dengan serangan tanpa belas kasihan terhadap warga sipil.

“Kita harus bangga dengan fakta bahwa dari dukungan Inggris untuk mengamankan penangkapannya, hingga sel penjara yang sekarang dihadapinya, Inggris telah mendukung 30 tahun pengejaran keadilan untuk kejahatan keji ini.” (*)

Sumber :thesun.co.uk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *