Ratusan Mahasiswa Dibekali Pemahaman Ideologi Pancasila

LAMPUKUNING.ID,KOTA JAMBI – Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Jambi, dibekali ideologi Pancasila sebagai maksud meningkatkan pengetahuan dan wawasan akan nilai-nilai luhur bangsa yang berbudaya, Kamis (23/9). Ini juga merupakan ikhtiar Pemkot Jambi, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya terhadap generasi muda di Kota Jambi.

Bacaan Lainnya

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menyebutkan, pembinaan yang dilakukan ini memiliki makna yang sangat penting. Pasalnya, pemuda merupakan harapan masa depan, dan diharapkan sebagai penjaga nilai Pancasila dan agen perubahan di tengah masyarakat.

“Pancasila harus terus digelorakan. Selalu hidup di tengah masyarakat,” kata dia. Hal ini perlu dimulai dari para pemuda, sebab mereka masih memiliki semangat yang besar.

“Oleh karena itu, dengan pembinaan ini mahasiswa terus mencintai dan menghidupkan falsafah hidup melalui Pancasila, the working ideology,” jelasnya.

Dengan pembinaan ini pula mahasiswa didorong untuk lebih peduli terhadap berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Selain itu, mahasiswa diharapkan mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan, mengutamakan toleransi dalam menjalankan ibadah, serta menjauhi korupsi.

“Sikap ini sangat relevan dan ada dalam Pancasila, tinggal kita gali kembali,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Jambi, Raden Jufri mengatakan,  dalam pengaplikasiannya sendiri, Ideologi Pancasila mendapatkan hambatan dan tantangan tersendiri. Apalagi jika dikaitkan dengan perkembangan zaman nan canggih.

“Kita perlukan implementasi di tengah masyarakat. Untuk itu kita memerlukan the change of agent. Sebagai motivator di tengah-tengah masyarakat,” sebutnya.

Mengenai tantangan sendiri, Raden Jufri menyebutkan, dengan keterbatasan lembaga pembinaan Pancasila, pihaknya juga menguatkan peran Kesbangpol dalam menyampaikan ideologi Pancasila di tengah masyarakat.

“Apalagi saat ini khususnya pemuda, tiada hari tanpa handphone mereka. Maka dari itu, kita berupaya menyisipkan ideologi Pancasila kepada mereka. Selain itu kita juga melibatkan tokoh masyarakat, tokoh ada dan lainnya. Untuk penutur tularan nilai-nilai Pancasila yang ada,” jelasnya. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *