Bungo

Tes CPNS, Dharmawan Minta Pemkab Prioritaskan Putra Daerah

Anggota DPRD Bungo Fraksi PKS, Dharmawan F 

BUNGO, Lampukuning.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bungo Fraksi PKS, Dharmawan F meminta pemerintah kabupaten untuk lebih memprioritaskan putra daerah pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Hal ini dikhawatirkan, Kabupaten Bungo hanya menjadi batu loncatan bagi sebagian pelamar PNS.

Bukan tanpa alasan, Ia menyebutkan setelah lulus dan menjadi PNS, sebagian mereka (PNS, red) berbondong-bondong mengajukan pindah. Hal ini terjadi pada daerah yang jauh dari kota seperti Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

“Kita berharap lebih diprioritaskan putra daerah, jika putra daerah dia akan punya tanggung jawab terhadap daerah ini. Jika putra dari luar daerah, sebentar–bentar minta pindah dan tes CPNS di Bungo dijadikan sebagai batu loncatan saja,” ujarnya.

“Bukan berarti kita menutup ruang bagi orang luar untuk ikut tes di Bungo. Kalau kebijakan dan kewenangan ada kenapa kita tidak ambil putra daerah,” tambah Dharmawan.

Ia juga mengingatkan pemerintah daerah harus selektif melakukan rekrutmen CPNS dan menginginkan dalam rekrutmen tersebut memprioritas putra daerah setempat.

“Seperti putra daerah Limbur yang hari ini banyak sekali yang melamar sebagai CPNS. Terlebih lagi di formasi guru,” katanya.

Politisi PKS ini juga berharap hendaknya putra daerah menjadi pertimbangan. Terlebih lagi saat ini Bungo masih kekurangan guru di daerah pelosok. “Dengan momentum ini Pemda harus pandai mensiasati peluang. Agar kekurangan guru dipelosok bisa teratasi. Dengan memprioritaskan putras asli daerah,” lanjut Dharmawan.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Bungo ini mengimbau kepada pelamar PNS agar tidak mudah percaya tipu daya calo.

“Hati-hati dengan calo. Jangan mudah percaya,” ungkap putra asli Pauh Agung Kecamatan Limbur Lubuk mengkuang ini. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Lampukuning.id | PT Raja Media Siginjai

To Top