Wow! Ratusan Ribu Warga Kota Jambi Dapat BPJS Gratis

Walikota Jambi DR.H.Syarif Fasha.ME

LAMPUKUNING.ID,KOTA JAMBI– Tidak tanggung-tanggung sejumlah 189.174 jiwa penduduk Kota Jambi mendapatkan bantuan BPJS gatis dari pemerintah. Dana bantuan pembayaran premi bagi masyarakat kurang mampu tersebut berasal dari anggaran pemerintah pusat, Pemprov dan Pemkot Jambi. Pemkot Jambi menyerahkan sebanyak 10.167 kartu BPJS kepada camat dan lurah se Kota Jambi untuk diserahkan ke warga yang membutuhkan Jumat (3/5).

Disampaikan oleh Maulana, Wakil Walikota Jambi bahwa program Jambi Bugar merupakan bantuan BPJS gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Premi kartu BPJS tersebut dibayar oleh pemerintah sebesar Rp 23.000/jiwa/bulan.

Bacaan Lainnya

“Anggarannya berasal dari pemerintah pusat, pemprov dan kota Jambi. Kita bayarkan preminya setiap bulan. Sehingga masyarakat kurang mampu gratis berobat dan tidak perlu membayar premi setiap bulannya. Dan tidak perlu lagi meminta surat keterangan tidak mampu dari RT. Cukup berikan kartu BPJS Kesehatan ini saja saat akan berobat,” katanya.

Dijelaskan Maulana bahwa berdasarkan data, ada sebanyak 189.174 jiwa yang mendapatkan kartu BPJS Kesehatan gratis. Terdiri dari 147.000 jiwa yang preminya dibayar dari APBN, sebanyak 17.892 jiwa dari APBD Provinsi dan sebanyak 24.282 jiwa yang merupakan anggaran dari Pemkot Jambi.

“Hari ini (Red:kemarin) saya menyerahkan sebanyak 10.167 kartu BPJS yang dari Pemerintah Provinsi. Untuk tahun ini dari Pemprov masih ada sekitar 4000an kartu lagi yang akan menyusul dan dalam proses percetakan kartu. Sedangkan kartu BPJS yang dari pemkot Jambi sudah diserahkan,”jelasnya.

Maulana berharap kartu BPJS Kesehatan gratis ini bisa tepat sasaran dan benar benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Saya serahkan kartu ini kepada camat dan lurah untuk dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan saya berharap bantuan ini benar benar tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu Ida Yuliarti, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi menjelaskan bahwa untuk kartu BPJS Kesehatan yang preminya dibayar oleh Pemprov dianggarkan sebesar Rp 4,6 miliar per tahun sedangkan dari Pemkot Jambi sebesar Rp 6,7 miliar per tahun untuk pembayaran premi.

“Itukan preminya Rp 23.000/jiwa/bulan. Artinya sudah ribuan masyarakat Kota Jambi yang mendapatkan BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah dan kita berharap ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berobat,” katanya.

Dikatakan Ida bahwa untuk kartu BPJS yang masih dalam proses pencetakan, akan segera menyusul diberikan kepada masyarakat. “Penerimanya sesuai dengan data yang sudah kita verifikasi beberapa kali. Untuk penerima paling banyak adalah dari Kecamatan Alam Barajo,” pungkasnya(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *