BPJS Kesehatan Buka Layanan Jemput Bola ke Tiap Desa ,Salahsatunya Hadir di Puskesmas Limbur Lubuk Mengkuang 

(Pelayanan Program JKN. -foto:bpjs kesehatan) 

Bacaan Lainnya

MUARA BUNGO, LAMPUKUNING.ID– BPJS Keliling yang membuka layanan jemput bola ke tiap-tiap desa dan tempat keramaian setiap minggunya, kini hadir di Puskesmas Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo pada Rabu (06/12).

Pelayanan administrasi dapat dinikmati oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat umum seperti di Kantor BPJS Kesehatan. Hal ini terus dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo guna memberikan kualitas pelayanan Program JKN yang mudah, cepat dan setara.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa melalui kegiatan BPJS Keliling yang memberikan kemudahan layanan administrasi seperti pelayanan yang dapat diakses masyarakat seperti di kantor BPJS Kesehatan.

Masyarakat dapat mendatangi titik yang dapat mereka pilih menyesuaikan dengan domisili masing-masing, mulai dari Wilayah Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh.

“Tidak hanya itu, kami juga mendatangi dan membuka layanan administrasi di Puskesmas apabila dibutuhkan. Harapannya tentunya peserta JKN maupun masyarakat sekitar yang datang ke Puskesmas dapat bertemu langsung dengan petugas BPJS Kesehatan.

Mereka dapat mengakses layanan pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, hingga mendaftar program cicilan tunggakan iuran bernama Program Rencana Pembayaran Bertahap (Program Rehab).

Mereka juga bisa kami pandu untuk mengisi skrining riwayat kesehatan secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN sehingga dapat mengetahui sedini mungkin potensi risiko untuk beberapa penyakit kronis,” kata Asfurina.

Asfurina apresiasi animo masyarakat yang antusias hadir mendatangi titik BPJS Keliling di Puskesmas Limbur Lubuk Mengkuang dan kooperatif mendaftarkan diri sebagai peserta JKN.

Apalagi jarak tempuh dari kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo ke Limbur Lubuk Mengkuang mencapai sekitar 85 km atau dua jam untuk sekali jalan Ia menjelaskan bahwa terdapat pendaftaran baru peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) atau 124 jiwa.

“Total perjalanan bolak-balik dari Puskesmas ini ke kantor BPJS Kesehatan terdekat bisa mencapai empat jam. Harapan kami, dibukanya layanan jemput bola melalui BPJS Keliling ini dapat menghemat waktu masyarakat untuk mengakses layanan administrasi Program JKN,” kata Asfurina.

Salah satu pengunjung kegiatan BPJS Keliling di Puskesmas Limbur Lubuk Mengkuang, Maimunah menyampaikan bahwa ia tidak ingin melewatkan kesempatan yang sudah lama dinantikannya. Mendengar ada layanan BPJS Keliling, ia pun segera mendaftarkan dirinya dan keluarga pada Program JKN.

“Beberapa waktu sebelumnya diinfokan oleh pihak Puskesmas bahwa hari ini ada jadwal kedatangan tim BPJS Kesehatan untuk membuka layanan administrasi di sini. Saya segera siapkan berkas dan data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta JKN.

Sebenarnya sudah lama ingin mendaftar, namun terkendala jarak yang bisa makan waktu empat jam untuk bolak balik ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo ke dusun kami, jadilah tertunda terus. Makanya ketika tahu bisa mendaftar pada kegiatan BPJS Keliling, saya semangat sekali,” kata Maimunah.

Sadar akan pentingnya terdaftar sebagai peserta JKN, Maimunah tak lupa memastikan dirinya dan keluarga memiliki jaminan kesehatan dan aktif sehingga dapat digunakan dalam kondisi mendadak sekalipun. Tidak lupa, Maimunah juga mengajak tetangga dan kerabat lainnya untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN selagi masih sehat.

“Memiliki jaminan kesehatan itu penting, karena penyakit bisa datang tanpa aba-aba. Maka dari itu, perlu jaminan kesehatan yang menjamin biaya berobat kita saat kondisi bagaimanapun dan di manapun. Marilah kita daftarkan diri dan keluarga pada Program JKN, apalagi sekarang layanan BPJS Kesehatan semakin mudah dengan BPJS Keliling jadi kita tidak perlu datang jauh-jauh ke kantornya,” ujar Maimunah.(AS/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *