MUARA TEBO,LAMPUKUNING.ID– BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo mengunjungi Kantor Desa Sungai Rumbai Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo untuk membuka Pelayanan Desa dan Kecamata Terpadu (PDKT).
Layanan ini dihadirkan guna memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Tebo mengakses layanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa sebagai komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara kepada masyarakat dan peserta JKN di wilayah setempat.
“Saat ini terus kami lakukan kegiatan PDKT yaitu layanan administrasi keliling menyasar desa dan kecamatan setiap minggunya. Jadwalnya akan berbeda setiap kegiatan sehingga dapat menyisir desa atau tempat keramaian yang sekiranya jauh atau sulit akses ke kantor BPJS Kesehatan.
Di sana, kami membuka kanal layanan seperti pendaftarn peserta baru, perubahan data kepesertaan, pembayaran tunggakan iuran dengan metode cicilan melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) serta melakukan skrining riwayat kesehatan secara mandiri untuk deteksi dini potensi risiko penyakit kronis,” kata Asfurina, Rabu (06/12).
Asfurina menambahkan bahwa melalui kegiatan PDKT, masyarakat yang hadir dapat bertemu langsung dengan pegawai BPJS Kesehatan. Masyarakat dapat mengurus langsung keperluan administrasi kepesertaan JKN mereka, termasuk memperoleh informasi terbaru ataupun menyampaikan pengaduan terkait penyelenggaraan Program JKN.
Lewat layanan tatap muka ini, diharapkan masyarakat dapat tuntas mengurus keperluan mereka saat itu juga.
“Selain kegiatan PDKT, kemudahan administrasi lainnya dari Program JKN yaitu peserta JKN dapat mengakses layanan administrasi cukup dengan mengirim pesan Whatsapp melalui Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) ke nomor 08118165165, Chat Assistant JKN (CHIKA) 08118750400, BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat dihubungi 24 jam. Masyarakat juga bisa melakukan perubahan data kepesertaan secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN,” kata Asfurina.
Salah satu warga yang hadir pada kegiatan PDKT di Desa Sungai Rumbai, Tisa Wulandari menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada BPJS Kesehatan. Ia menilai, kehadiran Program JKN telah banyak membantu masyarakat Indonesia dalam menjamin biaya kesehatan ketika berobat.
“Pentingnya memiliki jaminan kesehatan tentunya kita tidak bisa prediksi kapan akan mengalami musibah atau sakit. Hadirnya Program JKN ditengah kita sekarang ini tentunya sudah sangat berdampak baik dan membantu, khususnya bagi kalangan menengah kebawah. Bayangkan saja, untuk biaya pelayanan kesehatan dapat ditanggung seluruhnya cukup dengan rutin membayar iuran tiap bulan,” ujarnya.
Tidak hanya terkesan dengan pelayanan yang mudah, cepat dan setara, Tisa juga mengajak seluruh masyarakat yang belum terdaftar agar memiliki jaminan kesehatan karena pelayanan yang diterima sangat berkualitas serta akses layanan yang semakin mudah.
Ia pun mengingatkan, karena itu agar kepesertaan JKN selalu aktif, diharapkan masyarakat dapat menunaikan kewajiban membayar iuran JKN dengan disiplin.
Tidak hanya itu, ia juga berpendapat bahwa dari segi pelayanan, BPJS Kesehatan juga terus melakukan peningkatan, termasuk layanan administrasi yang semakin dipermudah.
“Dengan adanya kegiatan PDKT seperti ini, tentunya eksekusi langsung di tempat untuk pendaftaran baru ataupun perubahan data, sehingga kita tidak perlu lagi repot ke kantor BPJS Kesehatan.
Pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi dengan pasien lainnya dan juga pelayanan administrasi yang semakin mudah dan berkualitas. Pasien JKN tidak dibedakan dengan pasien umum jika berobat.
Selain itu, pelayanan administrasi semakin mudah dengan Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, kegiatan BPJS Keliling ke desa-desa dan tidak lupa, akses pelayanan kesehatan pun sekarang cukup dengan menunjukkan KTP saja,” ujar Tisa. (AS/ss)