LAMPUKUNING.ID,MUARA BUNGO-Demi memudahkan para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo menggelar kegiatan Diskusi Online (Diskon) bersama PT. Star Rubber Bungo, Senin (27/05/2024).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa kegiatan Diskon ini mencakup Pemberian Informasi Langsung (PIL) dan diskusi secara daring bersama pihak eksternal untuk mengenalkan, memberikan informasi serta membuka diskusi terkait penyelenggaraan Program JKN.
Selain itu, juga untuk menyamakan presepsi terkait implementasi kebijakan terkait Program JKN di lapangan.
“Melalui kegiatan Diskon ini, kami berupaya memberikan informasi terkait penyelenggaraan Program JKN, ketentuan serta kemudahan informasi terkait Program JKN kepada Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).
Hari ini, sasarannya adalah para pekerja di PT. Star Rubber. Upaya peningkatan kemudahan akses informasi ini merupakan komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang semakin mudah, cepat dan setara bagi peserta Program JKN,” tutur Asfurina.
Ia juga menjelaskan bahwa selain menggelar Diskon, pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah lainnya untuk mengedukasi masyarakat. Mulai dengan menghadirkan layanan BPJS Keliling dan kegiatan Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT). Di samping itu, BPJS Kesehatan juga membuka layanan informasi sekaligus layanan administrasi kepesertaan secara tatap muka melalui Mal Pelayanan Publik (MPP), Petugas Informasi dan Pengaduan Peserta (PIPP) Rumah Sakit, dan petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU).
“Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan non tatap muka di antaranya Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 089118165165, Chat Interactive JKN (CHIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165.
Harapannya dengan adanya kanal-kanal daring ini, peserta JKN bisa mengakses layanan administrasi, permintaan informasi, atau penyampaian pengaduan kapan saja dan di mana saja selama ada jaringan internet,” kata Asfurina.
Sementara itu, QA Manager PT. Star Rubber, Willsant menyampaikan bahwa melalui kegiatan Diskon ini, Ia dan tentunya teman-teman lain dapat secara langsung bertanya kepada petugas BPJS Kesehatan terkait hal-hal yang dapat ditanggung dalam pemanfaatan layanan serta alur yang sesuai untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.
“Syukurlah, melalui kegiatan ini tentunya kami dapat langsung bertanya hal-hal yang mungkin selama ini masih menjanggal seperti pelayanan diluar fasilitas kesehatan terdaftar ternyata sangat bisa dan tetap dilayani serta pelayanan lainnya seperti berobat gigi,” tutur Willsant.(*/Advertorial)