BPJS Kesehatan Membuka Banyak Kanal Guna Mempermudah Masyarakat Mengakses Informasi

MUARA BUNGO, LAMPUKUNING.ID – Demi memudahkan para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo menggelar kegiatan Diskusi Online (Diskon) bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bungo, Senin (20/11).

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa kegiatan Diskon ini mencakup Pemberian Informasi Langsung (PIL) dan diskusi secara daring bersama pihak eksternal untuk mengenalkan, memberikan informasi serta membuka diskusi terkait penyelenggaraan Program JKN. Selain itu, juga untuk menyamakan presepsi terkait implementasi kebijakan terkait Program JKN di lapangan.

“Melalui kegiatan Diskon ini, kami berupaya memberikan informasi terkait penyelenggaraan Program JKN, ketentuan serta kemudahan informasi terkait Program JKN kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Hari ini, sasarannya adalah ASN di BKPSDM. Upaya peningkatan kemudahan akses informasi ini merupakan komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang semakin mudah, cepat dan setara bagi peserta Program JKN,” tutur Asfurina.

Ia juga menjelaskan bahwa selain menggelar Diskon, pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah lainnya untuk mengedukasi masyarakat. Mulai dengan menghadirkan layanan BPJS Keliling dan kegiatan Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT).

Di samping itu, BPJS Kesehatan juga membuka layanan informasi sekaligus layanan administrasi kepesertaan secara tatap muka melalui Mal Pelayanan Publik (MPP), Petugas Informasi dan Pengaduan Peserta (PIPP) Rumah Sakit, dan petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU).

“Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan non tatap muka di antaranya Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165, Chat Interactive JKN (CHIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Harapannya dengan adanya kanal-kanal daring ini, peserta JKN bisa mengakses layanan administrasi, permintaan informasi, atau penyampaian pengaduan kapan saja dan di mana saja selama ada jaringan internet,” kata Asfurina.

Asfurina menyampaikan bahwa pelayanan administrasi online dari BPJS Kesehatan terbukti telah memberikan kemudahan layanan administrasi bagi peserta JKN. Misalnya, ada begitu banyak fitur di Aplikasi Mobile JKN yang memudahkan peserta JKN mengakses layanan administrasi kepesertaan secara mandiri.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur yang memungkinkan peserta Program JKN melakukan perubahan data peserta secara mandiri seperti perubahan kelas rawat, perubahan identitas data diri, mengecek info tagihan dan skrining riwayat kesehatan.

“Selain itu, ada juga fitur antrean online yang dapat diakses oleh peserta JKN pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) merupakan salah satu transformasi mutu layanan. Peserta JKN yang membutuhkan pelayanan pengobatan tidak lagi terkendala lama antrean di fasilitas kesehatan,” ujar Asfurina.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bungo, Wahyu Sarjono mengapresiasi kegiatan Diskon yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo. Menurutnya, melalui kegiatan ini, ASN dapat berdiskusi secara langsung terkait penyelenggaraan Program JKN serta kemudahan-kemudahan yang dihadirkan BPJS Kesehatan saat ini.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan Diskon ini, tentunya kami dapat mengetahui beberapa informasi terbaru terkait pelaksanaan Program JKN atau dapat menyamakan presepsi terkait pelaksanaan yang selama ini terjadi di lapangan langsung dapat diskusi bersama tim BPJS Kesehatan.

Beberapa hal yang dapat diambil kesimpulan dari kegiatan diskon kali ini yaitu terkait prosedur layanan Program JKN melalui FKTP atau dapat langsung ke FKRTL, pelayanan gigi dan pelayanan lainnya yang ditanggung oleh Program JKN,” kata Sarjono.(AS/ss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *