Faruk : Jangan Hanya Danau Sipin, di Seberang ada Danau Teluk

LAMPUKUNING.ID,KOTA JAMBI- Masyarakat Seberang Kota Jambi berharap keberadaan Danau Teluk bisa diperhatikan oleh Pemerintah Kota Jambi. Pasalnya Danau Teluk juga menyimpan beragam sejarah dan keindahan, yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi objek wisata baru di Kota Jambi.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Umar Faruk yang juga warga Seberang mengatakan bahwa Danau Teluk menjadi kebanggaan dua kecamatan di Seberang.

“Saya mewakili masyarakat Seberang, kalau bisa jangan hanya Danau Sipin saja, Di Seberang itu ada Danau Teluk. Kami berharap bisa juga diperhatikan pemerintah,” ujar Faruk.

Dia mengatakan, pemerintah diharapkan bisa menata danau itu, sehingga bisa berdampak pada perekonomian masyarakat setempat. Selain Danau Teluk, ia juga beraharap pemerintah bisa memperhatikan cagar budaya atau bangunan sejarah Rumah Batu.

“Mumpung tahun depan konsep pembangunan itu diarahkan untuk pengembangan pariwisata. Kami berharap itu bisa dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan bahwa pihaknya sudah merekomendasikan hal itu kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi.

“Saya sudah meminta itu untuk dikembangkan sesuai dengan kearifan lokal di sana. Seperti misalnya tempat tangkulnya (sejenis jaring ikan,red) itu bisa jadi daya tarik wisata, bisa juga dibangun tribun penonton lalu di cat. Karena di sana juga rutin digelar festival Danau Teluk. Bisa juga dilengkapi dengan pameran UMKM lokal di sana,” kata Maulana.

Untuk diketajui, di Danau Teluk ini pengunjung dapat melihat dua pulau yakni pulau fabe dan pulau timbul.

Menurut ceritra pulau fabe ini dulunya di diami oleh seorang keturunan Cina yang bernama datuk sintai yang telah memeluk agama Islam. Dulunya pulau ini sebagai pusat pelayanan kepabeanan atau bea cukai. Pengunjung dapat melihat  indahnya Danau Teluk berupa airnya yang jernih masih alami.

Pulau itu dapat di jangkau dengan menggunakan ketek atau perahu. Danau ini juga di manfaatkan oleh warga untuk perikanan seperti kerambah ikan dan tangkul. Menariknya danau ini tidak pernah kering meski kemarau panjang bahkan bila banjir datang hasil danau ini melimpah ruah berupa ikan lambak, ikan serafil, ikan lele dan ikan toman. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *