Geliat Mushola Tua Dusun Nangko

LAMPUKUNING.ID,MERANGIN-Mushola tuo yang di bangun pada 1930 dan tak layak di gunakan lagi akhirnya di pugar oleh warga setempat dengan hanya mengandalkan swadaya masyarakat.

Dengan di letakkan batu pertama pembangunan Mushola Dusun Nangko pada Jum’at 20/11/2020, berarti pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin akan segera di mulai.

Hadir di acara tersebut, Kasat Intelkam Polres Merangin, Wakil Ketua DPRD Merangin, Danramil Sungai Manau, Kapolsek Sungai, Manau, Perwakilan Kemenag Merangin, Sekcam Pangkalan Jambu, Kades Tiga Alur, H Raunah ahli waris tanah lokasi Mushola serta masyarakat Dusun Nangko.

Ahmad Kausari yang merupakan orang asli Desa setempat dan juga merupakan Wakil ketua DPRD Merangin menyambut baik revitalisasi Mushola, hal ini di karenakan Mushola Ikhwanul Muslimin kondisinya sudah tidak layak untuk di gunakan, karena bangunannya sudah tua.

“Kita sangat berbangga dengan revitalisasi (di bangun kembali) mushola yang sudah tidak layak di gunakan karena kondisinya sudah tua dan jugo dulunyo posisi mushola di pinggir sungai hingga sering terkena banjir, maka yang ini posisinya akan di geser jauh dari sungai dan pondasi lantainya akan dibangun lebih tinggi sehinga di kala banjir, air tidak akan masuk ke masjid lagi dan ukurannya pun sudah di perbesar”, tutur Ahmad Kusairi.

Arfa’i, Imam masjid Tiga Alur juga mengharap agar bangunan Mushola yang baru arah kiblatnya di sesuaikan.

“Mushola ini sudah lama di bangun, hingga arah kiblatnya mungkin harus di arahkan lagi”, harap imam Masjid.

Holil Husaini perwakilan Kementrian Agama Merangin juga hadir di acara peletakan batu pertama sekaligus mengukur arah kiblat.

“Arah mushola yang sekarang akan kita paskan, karena pada masa masa dahulu, Masjid atau mushola didirikan dengan patokanya hanya mengarah ke Barat saja, namun pada saat mengukur menggunakan kompas digital, arah kiblat mushola yang lama dengan yang baru berubah 24, 7 drajat. kita pastikan arah mushola yang sekarang tidak ada masalah dan pas”, terang Holil Husaini perwakilan Kmenag Merangin.

Seperti yang di sampaikan oleh Kepala Desa Tiga alur pada sebelumnya, bahwa pembangunan Mushola Ikhwanul Muslimin merupakan swadaya dari Masyarakat setempat.(LK03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *