Kata Quraish Shihab Terkait Shalat Jumat untuk Mencegah Penularan Corona

Advertisement
klik untuk memperbesar
Profesor KH Quraish Shihab

LAMPUKUNING.ID,JAKARTA-Dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona, baik pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah menyerukan kepada masyarakat untuk sementara tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan massa.

Antisipasi penularan Covid-19, Fatwa Majelis Ulama (MUI), memperbolehkan Sholat Jum’at digantikan dengan Sholat Dzuhur dimasa pandemi Virus Corona.

Ulama Ahli Tafsir Al Quran, Profesor KH Quraish Shihab ikut bersuara terkait dengan Fatwa MUI dan seruan pemerintah
menyebutkan dalam sebuah video bersama Najwa Shihab bahwa pencegahan dari penularan penyakit dengan menganjurkan orang-orang untuk ibadah di rumah telah sesuai dengan pandangan agama.

Baca juga

Advertisement
klik untuk memperbesar

Dilansir dari islami.co, Semua ahli sepakat bahwa setiap orang yang terinfeksi dengan virus ini dapat membahayakan jiwa manusia oleh karena itu, menurutnya, perlu diambil langkah-langkah untuk menghindarkan pergaulan karena dapat menjadikan penularan semakin banyak, misalnya, shalat Jumat dan shalat Jamaah.

“Dari sini agama menyatakan bahwa ketika melaksanakan shalat Jumat berkumpyl orang-orang yang bisa mengalami penularan atau memberi penularan terhadap orang lain, maka ulama-ulama memberi fatwa bahwa tidak dianjurkan bagi mereka yang khawatir akan terjadinya dampak buruk terhadap kesehatan, dianjurkan untuk hadir dalam shalat berjamaah bahkan shalat Jumat,” lanjutnya.

Mantan Rektor IAIN (sekarang UIN) Jakarta ini menjelaskan bahwa fatwa tersebut bukan hanya disampaikan oleh MUI, tetapi juga Dewan Ulama Senior al-Azhar.

Menurut Quraish Shihab, Rasulullah SAW saja saat terjadi banjir dan tanah becek, menghimbau kepada masyarakat untuk shalat di rumah dengan mengganti lafaz adzan hayya alas shalah dengan shallu fi buyutikum (shalatlah di rumah kalian masing-masing).

“Memang agama Islam, di sisi lain memberi kemudahan. Segala sesuatu yang dapat mengakibatkan kesulitan terhindarkan oleh agama ini atau diupayakan untuk menghindarinya,” ujar Quraish Shihab.(**)

(Video  Profesor KH Quraish Shihab)

Pos terkait