LAMPUKUNING.ID,MUARA BUNGO – BPJS Kesehatan terus berupaya untuk mengoptimalkan transformasi digital dalam mewujudkan pelayanan yang semakin mudah, cepat, dan setara bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Selain menyediakan Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), BPJS Kesehatan juga menyediakan BPJS Online bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi tanpa harus bertatap muka secara langsung.
BPJS Online sendiri dihadirkan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui video conference yang memungkinkan masyarakat dapat secara mudah berinteraksi dengan petugas dalam pengurusan administrasi maupun memperoleh informasi seputar JKN dari lokasi mana pun. Hal ini diharapkan mampu mengurangi antrean dan mempercepat proses layanan di Kantor Cabang.
Dalam upaya untuk memperluas akses layanan kesehatan yang mudah dan cepat, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo kembali menyediakan layanan BPJS Online untuk dua desa di Kabupaten Bungo, yaitu Desa Gapura Suci yang berada di Kecamatan Pelepat dan Desa Sari Mulya di Kecamatan Jujuhan Ilir.
Kedua desa ini dipilih sebagai bagian dari upaya penyebaran layanan digital agar warga desa yang berada di lokasi yang jauh dari Kantor Cabang dapat mendapatkan akses layanan administrasi yang mudah dan setara untuk pengurusan jaminan kesehatannya.
Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Bungo, Asfurina, menyebutkan bahwa BPJS Online di desa-desa merupakan langkah konkret dalam mendekatkan layanan kepada masyarakat, terutama daerah yang terpencil.
“Setiap individu dalam masyarakat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang bermutu. Oleh karena itu, melalui BPJS Online, kami memastikan bahwa seluruh masyarakat terutama yang berada jauh dari pusat kota memiliki kemudahan yang setara, tanpa perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk datang ke kantor,” ujar Asfurina.
Asfurina menambahkan bahwa ditengah upaya digitalisasi yang terus berkembang, kegiatan BPJS Online diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dalam melakukan berbagai proses administrasi.
“Melalui layanan BPJS Online, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh layanan sepuasnya dalam mengurus kepentingan administrasi JKN seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data, hingga informasi terkait tagihan iuran. Semua proses ini dapat dilakukan secara daring dengan panduan langsung dari petugas yang siap membantu setiap warga,” Kata Asfurina.
Setia, seorang warga Desa Sari Mulya, merasakan manfaat dari layanan BPJS Online yang dihadirkan di desanya pada Kamis (31/10). Ia merupakan salah satu Peserta JKN yang harus menempuh perjalanan jauh untuk bisa mengakses layanan langsung di Kantor Cabang. Kesibukan dan jarak yang cukup jauh kerap membuatnya menunda niat untuk mengecek keaktifan status kepesertaan JKN miliknya.
“Saya ikut dalam kegiatan BPJS Online hari ini untuk mengecek status kepesertaan. Seringkali terpikirkan untuk segera memastikan keaktifan peserta, namun jarak dari desa kami ke Kantor Cabang lumayan jauh, jadi saya belum sempat melakukannya,” kata Setia.
Setia juga turut menyampaikan kesan baik terhadap layanan BPJS Online yang telah dihadirkan di desanya. Menurutnya, layanan ini sangat membantu karena banyak warga yang membutuhkan informasi JKN namun terhalang jarak untuk langsung ke Kantor Cabang.
“Dengan adanya BPJS Online, saya jadi lebih mudah mendapatkan informasi tanpa perlu jauh-jauh ke kantor. Selain dicek status kepesertaan, saya tadi juga diinformasikan tentang Aplikasi Mobile JKN. Saya jadi tahu ternyata status peserta bisa di cek dari handphone saja. Luar biasa membantu, saya berharap desa-desa lainnya juga dapat merasakan kemudahan seperti kami,” tutup Setia.(*)