KERINCI,LAMPUKUNING.ID– Demi terus memastikan pelayanan Program JKN yang mudah, cepat dan setara, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo mengunjungi Puskesmas Pelompek lewat kegiatan Mangkal di Puskesmas (Mang Dimas), Selasa (25/07).
Melalui Kegiatan Mang Dimas, BPJS Kesehatan hadir dan datang langsung membuka kanal pelayanan administrasi yang dibutuhkan oleh peserta JKN yang kebetulan berobat atau warga sekitar yang telah diinformasikan oleh petugas Puskesmas sebelumnya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa peningkatan mutu layanan Program JKN yang terus diupayakan agar masyarakat dapat menikmati pelayanan administrasi maupun pelayanan kesehatan dengan lebih mudah.
Dalam hal ini, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo memudahkan pelayanan administrasi bagi masyarakat yang kesulitan untuk berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan.
“Upaya peningkatan mutu layanan terus digaungkan oleh BPJS Kesehatan. Salah satu bentuknya kami permudah pelayanan administrasi melalui kegiatan BPJS Keliling dengan sistem jemput bola seperti ini.
Tidak hanya itu, kami juga mendatangi dan membuka layanan administrasi di Puskesmas apabila dibutuhkan. Diharapkan peserta JKN yang datang dapat bertemu langsung dengan petugas BPJS Kesehatan seperti
pelayanan di loket kantor BPJS Kesehatan dan juga dapat menikmati pelayanan administrasi seperti pendaftaran peserta baru, memperbarui data kepesertaan, pendaftaran cicilan tunggakan iuran melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), serta skrining riwayat kesehatan untuk mendeteksi risiko penyakit kronis,” kata Asfurina.
Asfurina menambahkan, jarak tempuh antara lokasi Puskesmas dan Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Kerinci yang cukup memakan waktu.
Hal ini menjadikan kegiatan Mang Dimas sebagai mempermudah akses pelayanan di Kabupaten Kerinci. Kepada para pengunjung Mang Dimas, ia pun menjelaskan bahwa saat ini apabila Kartu Indonesia Sehat (KIS) peserta JKN hilang atau rusak, maka peserta dapat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP saja.
Selain itu, kanal kemudahan akses pelayanan administrasi juga dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) ke nomor 08118165165, dan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat dihubungi 24 jam
“Meskipun hampir dua jam perjalanan menuju Puskesmas Pelompek ini dari Kantor BPJS Kesehatan Kerinci, namun antusiasme masyarakat yang hadir demi mengurus administrasi BPJS Kesehatan luar biasa.
Berhubung lokasi Puskesmas yang hampir dekat dengan perbatasan, diharapkan dengan kegiatan Mang Dimas ini masyarakat umum maupun para peserta JKN yang hadir dapat dengan puas bertanya secara langsung kepada petugas BPJS Kesehatan
Lecy Destya, salah seorang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tenaga Kesehatan Kerinci yang turut mengikuti kegiatan di Puskesmas Pelompek, juga tidak melewatkan kesempatan tersebut. Lecy mendaftarkan dirinya dan keluarga pada Program REHAB dengan mencicil tunggakan iuran JKN yang dimilikinya.
“Saya senang sekali ketika tahu bahwa hari ini akan ada kegiatan dari petugas BPJS Kesehatan Kerinci. Saya mau bertanya secara langsung dan detail terkait tunggakan yang dimiliki. Ternyata tunggakannya bisa dicicil dengan Program REHAB, tentunya sangat membantu dengan tunggakan keluarga kami kurang lebih sekitar 7,5 juta rupiah setelah di cek di Aplikasi Mobile JKN,” ujar Lecy.
Karena kini ia telah berstatus sebagai P3K, Lecy pun bertanggung jawab melunasi tunggakan yang ia dan keluarganya miliki. Lecy sadar betul, bahwa Program JKN adalah jaminan kesehatan ia dan keluarga dan solusi dari biaya pelayanan kesehatan yang tentunya tidak murah.
“Sebagai tenaga kesehatan tentunya kesehatan itu penting dan mahal, begitu juga dengan biayanya yang tidak sedikit. Melalui Program JKN tentunya sudah sangat membantu sehingga saya pastikan seluruh kewajiban yang saya punya dilunasi dan memperoleh hak jaminan kesehatan yang memuaskan nanti tentunya,” kata Lecy.(AS/ss)