Pemda Merangin Dukung Program JKN-KIS Melalui Capaian Peserta Segmen PPNPN

LAMPUKUNING.ID, MERANGIN – Hendri Maidalef, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan berkomitmen untuk mendorong penambahan capaian peserta dengan berfokus pada Segmen Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dalam keikutsertaannya terdaftar menjadi Peserta Program JKN-KIS.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Hendri pada saat menghadiri Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tahap 1 di Kantor Bupati Kabupaten Merangin pada Selasa, (27/04).

“Demi mendukung terselenggaranya Program JKN-KIS dan meningkatkan jumlah cakupan peserta terdaftar mari kita fokuskan kepada segmen PPNPN ini. Di Kabupaten Merangin untuk Satuan Kerja di BPKAD sudah bergabung dalam kepesertaannya pada Program JKN-KIS. Selanjutnya, diharapkan untuk dinas-dinas yang menjadi anggota forum hari ini untuk dapat segera bergabung dalam Program JKN-KIS, terutama Dinas Kesehatan,” tutur Henri.

Selanjutnya Hendri menambahkan bentuk dukungannya dan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) yang sudah berpartisipasi dalam terselenggaranya Program JKN-KIS ini dengan sudah mendaftarkan 157 Desa untuk Segmen Kepala Desa dan Perangkat Desa (KP Desa).

“Terima kasih kepada Dinas Pemdes yang sudah mendaftarkan para Kepala Desa dan Perangkat Desanya, namun diharapkan agar disegerakan terkait anggaran dan pembayaran iurannya pada Segmen KP Desa yang telah didaftarkan tersebut,” tambah Hendri.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Muara Bungo, Neri Eka Putri mengatakan harapannya terhadap dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin dalam keberhasilan implementasi Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini.

“Kita harapkan dukungan Pemda Kabupaten Merangin untuk tercapainya Universal Health Coverage (UHC) dengan integrasi PD Pemda dalam Program JKN-KIS bagi penduduk yang belum memiliki jaminan kesehatan. Selanjutnya agar dapat meringankan beban Pemda Kabupaten Merangin dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tidak mampu melalui data DTKS yang ditanggung oleh Pusat. Jadi, dimohon untuk memaksimalkan data DTKS agar segera bisa di daftarkan oleh pusat,” kata Neri.

Terkait dengan percepatan cakupan semesta, Hendri juga menyampaikan bahwa didorong kepada para Camat dan Kepala Desa untuk capaian per kecamatan yang dipimpinnya untuk Segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

“Mohon untuk kerjasamanya dengan Dinas Pemdes untuk mendorong camat atau kepala desa di Kabupaten Merangin terhadap capaian per kecamatan agar diupayakan warga yang belum terdaftar dalam Program JKN-KIS ini,” tutup Hendri. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *