Pemkab Merangin Launching Kartu KA Online

LAMPUKUNING.ID, MERANGIN – Guna mempercepat penurunan angka stunting, Pemkab Merangin melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, melaunching Kartu Kembang Anak (KKA) Online, Kamis 10/03/2022.

Launching KKA Online tersebut, dilakukan Bupati Merangin H Mashuri melalui Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri, di Pos Bina Keluarga Balita (BKB) Terpadu Dahlia Dusun I Desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko.

‘’Jadi Kartu KA Online ini dalam bentuk Aplikasi, yang bisa diunduh melalui Playstore yang tersedia di ponsen Androit ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian atau melalui situs laman www.kkaonline.bkkbn.go.id,’’ujar Hj Nurhaida Mashuri.

Melalui aplikasi tersebut lanjut Bunda PAUD Merangin ini, para orang tua bisa memantau tumbuh kembang kesehatan anaknya. Aplikasi ini juga bisa mendeteksi gangguan perkembangan anak dan memonitor tujuh variable perkembangan anak.

Diharapkan Hj Nurhaida Mashuri, Aplikasi KKA Online dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak serta meningkatkan kemampuan dalam memantau pertumbuhan anak secara mandiri.

Pada aplikasi ini terdapat, fitur-fitur layanan, seperti fitur untuk mengisikan data anak dan menjawab pertanyaan terkait tumbuh kembang anak. Selain itu ada fitur basis wilayah untuk melihat lokasi persebaran Bina Keluarga Balita (BKB) di Indonesia.

‘’Di Aplikasi KKA Online ini juga ada fitur data BKB untuk mempermudah orang tua melihat data terkait BKB di seluruh Indonesia. Semoga inovasi ini menjadi sarana yang sangat bermanfaat untuk menekan angka stunting di Kabupaten Merangin,’’harap Hj Nurhaida Mashuri.

Tampak hadir pada Launching KKA Online itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Merangin H Abda’i, Kadis Dikbud Merangin Nasution, Camat Bangko Edi Suprapto berserta Ketua TP PKK Bangko, Kades Sungai Kapas Anas dan pejabat lainnya.

Menariknya launching KKA Online itu berlangsung berbarengan dengan kegiatan PAUD dan Pos Yandu, sehingga ibu-ibu yang membawa anaknya langsung mengunduh Aplikasi KKA Online di ponselnya melalui bimbingan panitia, Hasbiyah, Meileni Sari, Maryam dan Kader BKB.(LK03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *