MERANGIN,LAMPUKUNING.ID– Dalam rangka memberikan kemudahan layanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN) kepada Masyarakat Kabupaten Merangin, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo hadir memberikan kanal layanan tatap muka dengan sistem jemput bola melalui kegiatan BPJS Keliling di SMP 3 Merangin, Selasa,(19/12).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina mengatakan bahwa BPJS Keliling merupakan layanan administrasi BPJS Kesehatan baik melalui mobil operasional Mobile Customer Service (MCS), stand ditempat kegiatan atau acara keramaian maupun mendatangi titik keramaian seperti Kantor Desa, Puskesmas maupun ke Sekolah guna mendukung untuk memberikan kemudahan layanan kepada Peserta JKN.
Asfurina menjelaskan, pelaksaan kegiatan BPJS Keliling ini merupakan fokus utama transformasi mutu layanan Program JKN yang mudah, cepat dan setara.
“Pelayanan yang diberikan pada kegiatan BPJS Keliling diantaranya pelayanan administrasi pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, skrining riwayat kesehatan, registrasi Aplikasi Mobile JKN serta layanan pengaduan peserta.
Dengan begitu, pelayanan yang diberikan tidak hanya kepada peserta JKN saja, namun kepada Masyarakat yang belum terdaftar juga termasuk dapat dilayani pada BPJS Keliling,” kata Asfurina.
Asfurina menambahkan bahwa melalui transformasi mutu layanan pada Program JKN, BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan layanan bagi Masyarakat dan Peserta JKN.
Mulai dari kanal layanan tatap muka, pelayanan administrasi dikantor BPJS Kesehatan, BPJS Keliling, Pemberian Informasi Langsung (PIL), Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT), serta pelayanan non tatap muka.
“Sebut saja, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dengan mengirim pesan teks Whatsapp ke nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat dihubungi selama 24 jam, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interaktive JKN (VIKA), serta layanan digital secara mandiri pada Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh pada PlayStore dan Appstore.
Pada aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai fitur yang memberikan kemudahan diantaranya, skrining riwayat kesehatan, antrean online pada FKTP dan Faskes rujukan, info iuran dan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (Program Rehab).
Program Rehab yaitu metode pembayaran tunggakan iuran JKN dengan dicicil, jadi apabila Peserta JKN dari segmen PBPU atau Peserta Mandiri atau yang sebelumnya segmen Peserta PBPU yang memiliki tunggakan iuran, sekarang pembayarannya bisa dicicil sehingga diharapkan dapat meringankan untuk pelunasannya,” sambung Asfurina.
Kepala Sekolah SMP 3 Merangin, Arpiakh Ristia mengatakan bahwa kehadiran BPJS Keliling di SMP 3 Merangin sangat membantu dirinya dan guru-guru lainnya untuk dapat bertatap muka langsung dengan petugas BPJS Kesehatan tanpa harus mengunjungi kantpr, sehingga dengan sekali datang dapat memberikan informasi ke banyak orang.
“Adanya BPJS Keliling ke kantor hari ini tentunya memudahkan kami yang membutuhkan layanan administrasi namun selalu terkendala untuk datang ke kantor. Kalau dengan begini bisa sekalian dapat diurus semuanya.
Petugas yang ramah juga memberikan informasi kepada kami terkait sistem pemotongan iuran bagi segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) bahwa dengan terdaftarnya pekerja dan iurannya dipotong dari gaji maka itu telah menanggung suami/istri dan 3 orang anak.
Setelah diinformasikan akhirnya kami paham. Selain itu juga disampaikan bahwa saat ini Peserta JKN yang ingin mengakses layanan berobat di fasilitas kesehatan cukup dengan menunjukkan NIK atau KTP saja sehingga tidak perlu dari mengurus kartu apabila rusak atau hilang atau menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital yang ada pada Aplikasi Mobile JKN. Pelayanan Program JKN kini semakin mudah, cepat dan setara,” kata Arpiakh.(*)