Wakil Gubernur Jambi H.Abdulah Sani Pimpin Upacara Harkitnas Ke-115 Tahun 2023

( Wakil Gubernur H.Abdulah Sani Pimpin Upacara Harkitnas Ke-115 Tahun 2023 di lapangan Utama Kantor Gubernur Jambi.- Foto:dok-kominfo Prov Jambi )

Bacaan Lainnya

Lampukuning.id, Jambi – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I memimpin upacara dalam rangka peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023, bertempat di Lapangan Utama Kantor Gubernur Jambi, Senin (22/05/2023). Peringatan Harkitnas pada tahun ini mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit”.

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur Jambi juga membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Mewakili Menkominfo, Wagub Sani mengatakan seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikan Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak itu Gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan Makmur.

Wagub Sani mengemukakan, didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa atau yang dikenal dengan STOVIA, Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalan dari bangsa lain dimasa itu. Disamping itu Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Wagub Sani mengungkapkan, menurut data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perekonomian di Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31%., jauh meningkat dari pertumbuhan di Tahun 2021 sebesar 3,70% dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi ditahun 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan I tahun 2023 masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% yang menunjukkan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy).

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,” harap Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani mengatakan, kepemimpinan Indonesia ditingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu.

Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemic juga dikobarkan ditingkat regional dengan mengusung tema “ASEAN Matter Epicentrum of Growth”. Dengan mengusung tema tersebut Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagi episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar dan bertumbuh serta terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” tutup Wagub Sani.(Lk09/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *