Bermodalkan Seragam, Pecatan ASN Tipu Warga

LAMPUKUNING.ID-Dipecat sebagai ASN, tidak mengurungkan niat Reno (35). Warga Lorong Roda Jalan Merdeka, Palembang, untuk melancar penipuan.

Bacaan Lainnya

Berbekal seragam PNS, lelaki ini nekat menyamar sebagai pegawai Kantor Camat Ilir Barat I bernama Irul. Hingga berhasil mengelabui warga yang mengurus berkas kependudukan seperti KK, KTP hingga BPJS dan PKH.

Sayangnya, aksi tersangka terbongkar dan diamankan oleh warga yang menjadi korbannya saat berada di kawasan Padang Selasa.

Meski menyesal dan menangis saraya meminta maaf. Namun warga yang terlanjur geram langsung menyerahkan Reno ke Mapolsek IB I, Selasa (11/01) siang.

“Saya minta maaf sama semua warga yang pernah saya tipu. Saya mengaku bersalah,” kata bapak 2 anak ini dengan wajah memelas.

Menuru Reno, modus digunakannya dengan cara mendatangi rumah warga. Dan menawarkan bantuan untuk mengurus surat menyurat kependudukan di Kantor Catatan Sipil.

“Saya meyakinkan korban kalau urusannya bisa cepat. Sudah ada beberapa warga yang saya bantu pak,” ujarnya.

Tersangka Reno juga mengaku, selain di wilayah Kecamatan IB I. Dia juga melancarkan aksinya di daerah Kertapati dan sekitarnya.

“Saya baru sekitar dua bulan melakukannya. Saya terpaksa melakukannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena saya dipecat dari PNS,” kilah PNS angkatan 2009. Dan dipecat 2021, karena bolos kerja selama 3 tahun.

Salah seorang korban, Budi (64) mengungkapkan, dirinya tidak menyangka jika Reno penipu berkedok ASN gadungan.

“Dia datang ke rumah dan menemui istri saya. Menawarkan bantuan mengurus KK dan PKH. Karena percaya, lantas istri saya memberikan uang Rp150 ribu untuk biaya mengurus KK dan PKH,” bebernya.

Sementara itu, Kapolsek IB I, Kompol Roy Aprian Tambunan, membenarkan pihaknya mengamankan tersangka penipuan berkedok ASN.

“Tersangka masih menjalani pemeriksaan untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut,” kata Roy. (*)

Sumber : palpos.sumeks.co

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *