Dewan DPRD Kota Jambi  Meminta Walikota Segera Mendefinitifkan Beberapa Kepsek

Hanya 27 Kepsek Lolos Seleksi, Pelantikan Dilakukan Sebelum PPDB 

Bacaan Lainnya

KOTA JAMBI,LAMPUKUNING.ID-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi terus mendesak agar Wali Kota Jambi segera mendefinitifkan beberapa Kepala Sekolah (Kepsek) yang masih

dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Pansus IV pada paripurna penyampaian rekomendasi DPRD terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Jambi tahun 2021, Jasrul.

Menurutnya, kedepan jika guru yang seharusnya fokus mengajar harus membagi waktu sebagai Plt Kepala Sekolah, maka dikhawatirkan tak fokus mengajar. Sehingga siswa tak maksimal memperoleh pelajaran.

Maka dari itu, ia meminta agar Pemkot Jambi dapat segera mengangkat atau mendefinitifkan jabatan kepala sekolah.

“Dari catatan kami ada 71 Kepsek yang sudah memasuki masa pensiun,” tambah Jasrul.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan dari total 71 Kepsek yang kosong itu, pemerintah telah berupaya mencari penggantinya.

“Tapi dari hasil seleksi hanya 27 yang lolos seleksi. Sehingga tetap akan ada Plt,” kata Fasha.

Dia menambahkan, secara aturan, pengangkatan Kepsek tak harus mewajibkan persyaratan memiliki sertifikat dari Lembaga Pengembangan

dan Pemberdayaan Kepala Sekolah atau LP2KS. Sebelumnya, LPPKS menerbitkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Itu sebagai syarat menjadi kepala sekolah, supaya saat dilantik tidak menyalahi aturan.

“Tapi itu tidak berlaku mutlak, Pemerintah tidak mewajibkan sertifikasi untuk calon Kepsek, namun sekolah tersebut harus menjadi sekolah penggerak.

Pendidik-pendidik yang berada di sekolah penggerak bisa dipromosikan untuk jadi Kepsek, tapi ada aturan waktunya. Tidak bisa satu hari langsung diangkat jadi Kepsek, ada aturan waktunya berapa lama prosesnya setelah sekolah ditetapkan sebagai sekolah penggerak.

Stok Kepsek yang sudah memiliki sertifikat juga terbatas, jadi kalau ada yang Plt memang kita kekurangan stok,” tambahnya.

Kata Fasha, untuk Kepsek di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) tak ada masalah. “Yang jadi masalah itu pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Stoknya memang terbatas,” katanya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kota Jambi, Mulyadi menuturkan jika pelantikan Kepsek dilakukan sebelum PPDB 2022 berlangsung. “Dalam waktu dekat, saat ini tengah proses,” ujarnya saat ditemui di Lapangan Tenis Diknas, beberapa waktu lalu. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *