Fasha : Salat Idul Fitri Disarankan di Lapangan

LAMPUKUNING.ID, KOTA JAMBI – Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Kota Jambi akan tetap dilaksanakan. Hal ini disampaikan Walikota Jambi Syarif Fasha selesai memimpin rapat Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi.

“Ibadah pada saat hari raya Idul Fitri, shalat Idul Fitri boleh di masjid maupun lapangan. Disarankan di lapangan, karena dilaksanakan pada pagi hari bisa terkena sinar matahari,” ujarnya Fasha.

Bacaan Lainnya

Shalat Idul Fitri diperbolehkan, dengan catatan jama’ah wajib membawa sajadah sendiri, masjid tidak menggunakan karpet, masjid harus menyediakan sabun cuci tangan ditempat wudhu serta petugas masjid harus melihat jamaah yang memiliki gejala, jika ditemukan diminta untuk pulang.

“Masjid harus membuat jaga jarak minimal satu meter. Nanti akan dibuat dalam surat keputusan bersama secara detail,” jelas Fasha.

Selanjutnya, Fasha juga menambahkan bahwa saat ini tidak ada wilayah di Kota Jambi masuk kategori zona merah. Termasuk di Selincah, masjid sudah dibuka.

Namun, Fasha mengatakan jika hasil swab dari pasien banyak yang negatif. Maka tidak menutup kemungkinan masjid akan kembali dibuka dan dapat melaksanakan solat Idul Fitri.

“Yang zona merah sudah swab dan malam susah keluar. Kalo nanti banyak negatif maka kemungkinan masjid di perbolehkan (red, untuk solat Ied). Kami sarankan untuk solat di masjid atau lapangan terdekat saja,” terangnya.

Selain itu hasil dari rapat tersebut juga diputuskan untuk tempat usaha, selama kegiatan PPKM dan hari raya hingga pasca hari raya, seluruh mall dan pusat perbelanjaan dibatasi hingga pukul 9 malam.

“Kuliner malam dibatasi hingga pukul 11 malam. Cafe dan restoran juga dibatasi sampai jam 11 malam,” kata Fasha.

Sementara itu, Juru Bicara Pemkot Jambi, Erwandi mengatakan, untuk petugas Sholat Ied di Kantor Walikota, bertindak sebagai Imam adalah H M SULHI H M DAUD, Lc dan yang bertindak sebagai Khatib adalah DR H Hasbullah Ahmad, MA.

“Diharapkan masyarakat yang akan mengikuti pelaksanaan shalat Idul Fitri ini bisa mentaati protokol kesehatan yang ada,” katanya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *