LAMPUKUNING.ID,MERANGIN– Demi memperluas akses masyarakat terhadap layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo akan menghadirkan inovasi layanan BPJS Online di Desa Sido Lego, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin.
Menyusul inisiasi tersebut, diadakan pertemuan koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Desa Sido Lego untuk membahas implementasi BPJS Online, pada Jum’at (25/10).
Ketika ditemui, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Bungo, Asfurina menyampaikan bahwa BPJS Online merupakan salah satu komitmen BPJS Kesehatan untuk memastikan akses layanan yang bisa dijangkau dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia, melalui berbagai kanal.
“BPJS Online bertujuan agar masyarakat pedesaan yang tinggal jauh dari kantor BPJS Kesehatan seperti Desa Sido Lego agar dapat menikmati layanan kesehatan dengan mudah, cepat, dan efisien melalui sistem online. Kehadiran BPJS Online diharapkan mempermudah masyarakat desa dalam mendapatkan layanan administrasi Program JKN” ujar Asfurina.
BPJS Online merupakan kanal layanan yang dilakukan melalui media video conference atau perangkat online untuk memfasilitasi peserta yang terkendala akses. Dengan demikian dapat menjaring masyarakat di daerah yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan setempat.
“Kami mengapresiasi kesediaan Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk hadir mengkoordinasikan inisiatif kami untuk menghadirkan BPJS Online di Desa Sido Lego.
Kami berharap rencana ini dapat terwujud supaya masyarakat desa memperoleh layanan administrasi tanpa harus jauh-jauh datang ke pusat layanan. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan dukungan yang penuh dari Pemerintah Desa,” ucap Asfurina.
Asfurina juga menambahkan, layanan yang nantinya akan didapatkan oleh masyarakat dalam BPJS Online adalah pelayanan administrasi yang sama seperti di kantor BPJS Kesehatan.
“BPJS Online memanfaatkan teknologi video conference untuk terhubung kepada peserta secara realtime. Jadi, masyarakat bisa secara langsung berkonsultasi terkait kepesertaan seperti halnya di kantor. Masyarakat dapat mendaftar sebagai peserta baru, mengubah data, membayar iuran, memperoleh informasi, dan memberikan pengaduan,” tambah Asfurina.
Kepala Desa Sido Lego, Ruslan mengungkapkan dukungannya terhadap langkah inisiatif yang telah diusulkan oleh BPJS Kesehatan tersebut. Menurutnya, BPJS Online merupakan bentuk pelayanan prima dari BPJS Kesehatan yang patut diberikan dukungan yang maksimal.
“Seperti yang kita ketahui, desa kami amat jauh dari kantor BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat terkendala jarak dan biaya transportasi. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Sido Lego siap untuk berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam implementasi BPJS Online, termasuk dalam menyediakan perangkat bagi warga desa untuk terhubung dengan pihak BPJS Kesehatan. Insya Allah nanti akan diimplementasikan di bulan November,” ungkap Ruslan.
Selain koordinasi mengenai rencana BPJS Online, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo juga melaksanakan kegiatan BPJS Keliling di Desa Sido Lego sebagai bentuk layanan langsung kepada masyarakat. Sebanyak 39 warga desa hadir untuk memanfaatkan layanan yang diadakan di Kantor Desa Sido Lego.
Dalam kegiatan ini, 10 Kepala Keluarga (KK) dengan total 26 jiwa mendaftar sebagai peserta baru JKN, 8 Kepala Keluarga (KK) menerima layanan perubahan fasilitas kesehatan, 2 perubahan Kartu Keluarga, sementara yang lainnya mendapatkan layanan cek tunggakan dan informasi.
Antusiasme warga terhadap BPJS Keliling tersebut menjadi motivasi bagi BPJS Kesehatan dan Pemerintah Desa Sido Lego untuk mengimplementasikan BPJS Online di bulan November.
Melalui koordinasi yang baik dan rencana yang matang, program BPJS Online diharapkan menjadi langkah positif lain BPJS Kesehatan untuk meratakan akses layanan kesehatan di seluruh pelosok Indonesia.(***)