Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Belum Ditentukan

LAMPUKUNING.ID,JAMBI-Nahkoda Partai Demokrat Provinsi Jambi hingga saat ini belum ditentukan.

Bacaan Lainnya

Padahal, pelaksanaan Musda Demokrat Provinsi Jambi sudah cukup lama digelar. Ini mengisyaratkan jika lobi di DPP masing sangat alot.

Dua kandidat yang bertarung yakni Incumbent Burhanuddin Mahir dan Bupati Bungo Mashuri akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni fit and proper test atau uji kelayakan.

Siapa yang terpilih nantinya keputusannya pun ada ditangan DPP yang mana disebut tim 3 (tiga), dalam hal ini yakni Ketua DPP Agus Hari Murti Yudhoyono (AHY), Teuku Riefky Harsya selaku Sekjen DPP Demokrat dan Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khairun.

Pengamat Politik Jambi, Citra Darminto, menyebutkan, perebutan tampuk kekuasaan di tubuh DPD Demokrat Provinsi Jambi berlangsung sengit dalam Musda yang digelar beberapa waktu lalu.

“Masuknya Mashuri dalam bursa pencalonan tentu menjadi kejutan bagi semua pihak, terutama incumbent,” katanya.

Menurutnya, Mashuri menjadi ancaman bagi Cik Bur dalam merebut kembali posisi ketua. Terlebih lagi, pertarungan akhirnya berada di DPP.

“Lobi di DPP tentu sangat kuat. Dari sisi jaringan keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk masuk ke DPP,” jelasnya.

Dari gerbong Mashuri, sejak pendaftaran Musda tampak dikawal oleh sejumlah ketua DPC yang merupakan kader lama. Begitu juga Burhanuddin Mahir yang merupakan politisi ulung yang selalu memenangkan pertarungan.

“Yang jelas pemenangnya siapa yang bisa meyakinkan DPP. Jumlah dukungan tidak ada guna karena keputusan finalnya ada di DPP,” tukasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Demisioner DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Mirza Haviz mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu kepastian pasti dari DPP terkait uji kelayakan Calon Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi.

“Uji kelayakan awalnya tanggal 8 Desember, namun ditunda karena Ketum AHY mendampingi bapak (SBY, red) ke Chicago,” katanya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Pelaksanaan tahapan uji kelayakan itu kembali tertunda setelah dijadwalkan dilaksanakan Senin malam tangga 13 Desember lalu. “Kemungkinan ada juga pelaksanaan Musda DPD di daerah lain,” jelasnya.

Informasinya, kata Mirza, Ketum AHY dalm waktu dekat ini sudah berada di Indonesia. Namun, apakah uji kelayakan ini akan dilakukan secara tatap muka atau virtual, ia mengaku belum mengetahui secara pasti

“Pak Ketum sudah mau pulang ke Indonesia, mungkin dalam waktu dekat ini dilaksanakan. Belum tau apakah virtual atau tatap muk langsung,” ungkapnya.

Dia mengatakan, tahapan ini lebih rinci terkait pemaparan visi misi dan program apa yang akan dilakukan jika terpilih sebagai Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi.(fey)

Sumber :jambione.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *