Pemkot Akan Gelar Shalat Idul Fitri di Balaikota, Abubakar : “Warga Tetap Harus Jaga Prokes”

KOTA JAMBI , LAMPUKUNING.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan menggelar Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah secara berjamaah di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi pada tanggal 1 Syawal yang akan datang. Ini adalah kali ke 2 dalam masa pandemi Pemkot Jambi menggelar Sholat Idul Fitri secara berjamaah dengan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Pemerintah Kota Jambi Abubakar kepada sejumlah awak media mengatakan pelaksanaan

Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan oleh ummat Islam baik di masjid, musholla atau lapangan terbuka, seiring trend kasus Covid-19 yang terus melandai.

“Alhamdulillah, ini kali kedua Shalat Idul Fitri dapat kita laksanakan secara berjamaah baik di masjid, musholla maupun di lapangan. Selain kasus Covid-19 yang terus menurun, hal tersebut juga sejalan dengan SE Kementerian Agama RI nomor 8 tahun 2022,” ujarnya Senin (25/4).

Meski demikian, dia menekankan bahwa protokol kesehatan tetap dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kami tetap mengimbau warga untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam semua aktivitas, termasuk pelaksanaan shalat Ied nanti, utamanya untuk melindungi kelompok rentan seperti warga lanjut usia, anak-anak, dan penderita komorbid yang belum bisa menjalani vaksinasi Covid-19,” imbaunya.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri di Balaikota, Kadis Kominfo Kota Jambi itu menambahkan, pelaksanaannya akan dilakukan setelah penetapan 1 Syawal 1443 hijriah diputuskan oleh pemerintah melalui sidang Badan Hisab Rukyat.

“Untuk pelaksanaannya kita tetap menunggu penetapan 1 Syawal 1443 hijriah dari hasil sidang Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Republik Indonesia,” jelasnya.

Sementara untuk petugas pelaksanaan shalat Idul Fitri di lapangan utama Kantor Wali Kota Jambi itu yang bertindak sebagai Imam adalah KH. Ahmad Sulhi Daud Lc Alhafizh, sementara untuk Khatibnya KH. Dr..Supian Ramli.

Abubakar menambahkan, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha beserta keluarga berikut Wakil Wali Kota dokter Maulana dan keluarga juga beserta jajaran Pemerintah Kota Jambi akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Balaikota.

“Pak Wali, pak Wawako beserta keluarga dan segenap jajaran Pemerintah Kota Jambi, insyaAllah akan melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah di Balaikota,

kami juga mengajak kaum muslimin dan muslimat khususnya yang berdekatan dengan kantor Wali Kota untuk turut bersama-sama menunaikan ibadah shalat

Idul Fitri berjamaah, namun tetap diingat jgn lupa mengenakan masker, jangan sampai kita merasa terlalu aman untuk melakukan hal-hal yang berisiko

menyebabkan mungkin saja lonjakan kasus. Untuk itu, kami tak henti selalu mengingatkan di masa penyesuaian kebijakan ini tanggung jawab kita untuk tetap disiplin merapkan protokol kesehatan, pungkasnya. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *