Peserta JKN Segera Gunakan Aplikasi Mobile JKN, Ini Manfaatnya

(Gambar : Ayu Peserta JKN. – foto asal : jamkesnews)

LAMPUKUNING.ID,MUARA BUNGO – BPJS Kesehatan terus memperkuat komitmen dalam menyediakan layanan yang cepat dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu upaya ini dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini mendapatkan banyak respon positif dari masyarakat yang merasakan manfaatnya.

Mulai dari pendaftaran peserta baru, cek status kepesertaan, perubahan data, hingga antrean online dan skrining riwayat kesehatan, semuanya dapat diakses oleh masyarakat dari smartphone. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi BPJS Kesehatan tanpa tatap muka di kantor.

Bacaan Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo merupakan salah satu kantor cabang yang aktif melakukan sosialisasi Aplikasi Mobile JKN ke berbagai wilayah. Mulai dari Kabupaten Bungo hingga ke seluruh daerah yang mencakup wilayah kerjanya, antara lain Kabupaten Tebo, Sarolangun, Kerinci, Merangin, dan Kota Sungai Penuh.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina menegaskan pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan setara.

Untuk itu, petugas dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Bungo selalu memberikan edukasi tentang pentingnya aplikasi ini dalam setiap agenda sosialisasi, mulai dari pertemuan komunitas, layanan BPJS Keliling, hingga kegiatan kesehatan di tingkat kecamatan.

“Kami ingin semakin banyak peserta JKN yang familiar dengan aplikasi ini. Oleh karena itu, kami selalu menyampaikan informasi ini dalam setiap agenda. Dengan penggunaan aplikasi yang semakin luas, kami berharap masyarakat lebih mandiri dalam mengelola administrasi kesehatan mereka,” ujar Asfurina.

Asfurina juga mengimbau seluruh peserta JKN di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, untuk segera memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan kesehatan kesehatan yang efisien dan nyaman.

“Sebagai wujud komitmen kami untuk mempermudah akses layanan kesehatan masyarakat hingga ke pelosok, kami mengimbau setiap masyarakat untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya secara optimal.

Dengan adanya dukungan dari masyarakat, kami optimis layanan kesehatan yang inklusif, mudah, cepat, dan setara dapat terwujud demi mencapai kesejahteraan peserta JKN di seluruh Indonesia,” ujar Asfurina.

Salah satu peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Sungai Merah, Kabupaten Sarolangun, Lia, membagikan kesan positifnya terhadap Aplikasi Mobile JKN. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan BPJS Keliling di desanya.

“Adanya Aplikasi Mobile JKN sangat mempermudah karena tidak perlu khawatir kalau Kartu JKN hilang atau KTP tertinggal, karena ada kartu digital di aplikasi ini.

Lalu, cukup dengan satu aplikasi saya bisa tau status kepesertaan masih aktif, atau informasi tunggakan. Apalagi sekarang sudah bisa ambil antrean secara online, sangat bermanfaat,” pungkas Lia.

Peserta JKN dari Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh, Ayu yang terdaftar pada pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) juga membagikan pengalaman positifnya menggunalan Aplikasi Mobile JKN.

Ia mengaku selalu mengandalkan fitur antrean online dan cek ketersediaan tempat tidur di Aplikasi Mobile JKN selama proses pengobatan batu ginjal yang dijalaninya sejak akhir 2023.

“Saya telah merasakan sendiri manfaat menggunakan antrean online di rumah sakit. Tidak perlu datang pagi-pagi, cukup ambil antrean dari rumah, kita dapat memperkirakan sendiri estimasi waktu untuk datang berobat sesuai dengan nomor antrean.

Apalagi ketika operasi ke luar kota, saya bisa cek ketersediaan tempat tidur dari rumah dulu untuk memastikan tempat rawat inap saya saat operasi,” tutur Ayu.

Ayu mengajak masyarakat lainnya untuk segera memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, agar layanan kesehatan bisa diakses lebih cepat dan nyaman.

“Banyak fitur di aplikasi ini yang benar-benar membantu, terutama untuk yang tinggal jauh dari kantor BPJS Kesehatan untuk pengurusan administrasi, atau bagi yang perlu perawatan rutin di fasilitas kesehatan. Mudah-mudahan semakin banyak peserta JKN yang merasakan manfaatnya,” tutup Ayu.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *