Pesona Air Terjun Telago Jando Menakjubkan


Lampukuning.id,JAMBI   Karya indah sang pencipta yang dianugrahi di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun ini memang luar biasa. Keindahan wisata alamnya sangat mempesona.

Salah satu keindahan alam yang luar biasa adalah air terjun telago jando. Air terjun itu  terletak di Kampung Sungai Letung, Dusun Buat, Kecamatan Bathin III Ulu.

Air terjun telago jando ini sangat indah, perpaduan alam yang hijau rindang. Desiran angin yang menyejukkan dan keindahan air terjun yang memancarkan setinggi 50 meter merupakan keajaiban alam yang tak ada duanya. Bebatuan dan air yang jernih menambah keasrian air terjun ini.

Tak hanya air terjun telago jando saja, di lokasi obyek wisata ini pengunjung juga bisa melihat air terjun napal tebing yang indah dari air terjun telago jando. Sebab, air terjun napal tebing ini lebih tinggi. selain itu air terjunnya juga dikelilingi napal, sehingga bisa memanjakan mata pengunjung.
Selain itu, di lokasi obyek wisata ini, pengunjung juga bisa melihat air terjun 3 sejajar. Air terjun ini lebih indah dari air terjun telago jando dan air terjun napal tebing. Selain ketingginnya mencapai 100 meter, air terjun ini juga berasal dari tiga aliran sungai yang berbeda dan menyatu di dalam lubuk yang sama.

Walau air terjun ini memiliki keindahan, namun belum banyak dikunjungi wisatawan. penyebabnya adalah akses jalan yang belum meamdai.untuk datang ke wisata ini wisatawan harus menempuh jarak sekira 1  jam perjalanan dari Kota Muara Bungo menuju Kampung Sungai Letung.

 Perjuangan baru akan di mulai, ketika masuk ke dalamnya. Sekira 5 kilometer jalan tanah harus ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Sepanjang jalan tak ada yang mulus. Naik turun bukit dan licinnya medan membuat kesabaran anda diuji. Ditambah, bagi yang belum pernah berkunjung ke sana, 30 persen kemungkinan akan tersesat, namun anda bisa bertanya dengan masyarakat sekitar yang dijamin ramah.
Pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor meski harus berjuang lebih dengan melewati jalan yang tidak biasa, namun bisa lebih dekat ke lokasi parkir terakhir kendaraan dengan hanya berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke mulut air terjun.

Datuk RIO dusun Buat Sukri, melalui Kepala Kampung Sungai Letung, Saleh mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bungo untuk memperhatikan aset wisata ini. katanya jika wisata ini dikelola dengtan baik, bisa menghidupkan ekonomi masyarakat setempat dan bahkan bisa mendatangkan Pendapatan Asli Dusun (PAD).

” Sayangnya sampai saat ini belum ada tanda-tanda dari Pihak Pemerintah Bungo, khususnya Dinas Pariwisata untuk mengelola Air Terjun Telago Jando. Bahkan jalan menuju ke air terjunj ini rusak parah. Sudah beberapa kali kita melayangkan surat ke dinas terkait untuk dilakukan pengaspalan ke Air Terjun Telago jando, namun sampai saat ini belum ada tanggapan”. Ujarnya.(Red/BI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *