Ekspresi Remaja

Semarak Madrasah Lubuk Landai Sambut Idul Adha

Penulis: silahudin/Mahasiswa IAI Yasni Bungo

– Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo merupakan dusun yang memiliki jumlah masyarakat ± 3700 dengan tingkat kepadatan masyarakatnya yang cukup tinggi juga seiring dengan semangtnya yang tinggi.

semarak menyambut hari raya idul adha 1440 hijriah atau 2019 Masehi Pada malam 12 Dzhulhijjah atau pada tanggal 13 agustus, seluruh anak-anak madrasah Dusun Lubuk Landai mengadakan ziarah atau pawai obor berjalan mengelilingi dusun lubuk landai, pawai obor ini di ikuti oleh 3 madrasah Jauharu Ihksan dari Kampung Lambung, Nurul Ikhsan dari Betung dan Tarbiyatul Ghirmaniyah dari Bungo Tanjung.

Kegiatan ini merupakan rutinan atau acara wajib setiap pada bulan Dzulhijjah, seminggu sebelum acara pemerintah Desa menyebarkan undangan ke madrasah-madrasah sekaligus memberitahukan apa saja cabang yang yang akan di lombakan, mulai dari lomba rebana, sanjak islam dan pidato.

Pawai obor berlangsung sesuai harapan masyarakat selain di ikuti oleh anak-anak madrasah juga di ikuti oleh lapisan masyarkat Dusun Lubuk Landai dengan jarak tempuh 17 kilo meter berakhir di halaman rumah datuk rio dusun lubuk landai dengan membawa puluhan obor sambil mengumandangkan takbir.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari penghormatan kepada Datuk Rio selaku Ulil Amri atau pemimpin Dusun Lubuk Landai.

Anhari.MHD selaku Rio Dusun Lubuk Landai menuturkan “kepada seluruh orang tua masyarakat Dusun Lubuk Landai yang memiliki anak marilah kita tingkatkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH SWT dengan memasukan anak-anak kita ke madrasah dengan tujuan untuk menghindari dampak atau pengaruh negatif di tengah-tengah kaum milenial”. tuturnya.

Ustadz Mahmud, selaku guru madrasah mengatakan “kita harus mengimbangi dalam pendidikan yang umum maupun agama, kita harus syang kepada anak-anak kita dengan membekali ilmu agama sebagai filter atau pembeda dari yang haq & bathil”.imbuhnya.

Acara ini berakhir dengan penyerahan hadiah atau kenang-kenangan kepada kepala masing-masing kepala madrasah yang di serahkan oleh datuk rio, BPD, PHBI dan pegawai sayara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Lampukuning.id | PT Raja Media Siginjai

To Top