Yulisno Apresiasi BPJS Kesehatan Yang Terus Berinovasi di Program JKN

IMG 20241203 175222
(Foto Asal : Dok Jamkesnews)

LAMPUKUNING.ID,KERINCI– Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait penyelenggaraan Program JKN, BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo menggelar kegiatan BPJS Keliling bagi masyarakat Kabupaten Kerinci, Rabu (17/01).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina, mengatakan bahwa melalui kegiatan BPJS Keliling, pihaknya berupaya mengajak Masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai Peserta JKN dan menikmati berbagai kemudahan layanan dari Program JKN tersebut.

Asfurina mengungkapkan bahwa trasnformasi mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara terus digaungkan oleh BPJS Kesehatan. Dengan mengadirkan kegiatan BPJS Keliling salah satunya, diharapkan masyarakat dapat mengakses pelayanan administrasi tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

“Saat ini, masyarakat dapat dimudahkan untuk mengakses pelayanan administrasi, baik melalui kanal tatap muka maupun non tatap muka. Kanal tatap muka diantaranya dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan baik yang di kantor cabang maupun kantor kabupaten/kota, BPJS Keliling dengan Mobil MCS, Mall Pelayanan Publik, maupun BPJS Satu (BPJS Siap Membantu).

Selain itu, dengan kanal non tatap muka dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) dengan mengirim pesan ke nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat dihubungi 24 Jam, Chat Assistant JKN 08118750400 serta Website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id,” terang Asfurina.

Menurut Asfurina, transformasi mutu layanan merupakan salah satu fokus utama BPJS Kesehatan pada tahun 2024. Untuk implementasinya, Asfurina menurutkan bahwa telah banyak peserta JKN yang tentunya sudah merasakan diantara aspek yang mudah, cepat dan setara tersebut.

“Pastinya sudah banyak peserta JKN yang telah merasakan manfaat Program JKN. Kami selalu sampaikan seluruh mitra BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan layanan yang dapat dirasakan oleh peserta JKN, melalui kanal layanan administrasi secara non tatap muka.

Dari sisi kecepatan, dapat dilihat dari inovasi antrean online yang dapat membantu efektivitas durasi antrean pasien saat mengunjungi fasilitas kesehatan, karena nomor antrean sudah bisa diambil melalui Aplikasi Mobile JKN.

Kemudian, dari sisi kesetaraan artinya seluruh peserta JKN yang membutuhkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tidak ada perbedaan pelayanan dari segmen kepesertaan apapun” tukas Asfurina.

Yulisno, salah satu masyarakat yang hadir saat kegiatan BPJS Keliling menyampaikan apresiasinya pada inovasi yang terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Diantaranya yaitu Aplikasi Mobile JKN, di mana ia manfaatkan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Dirinya dapat merasakan kemudahan yang diberikan, cukup dengan menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital yang ada pada aplikasi tersebut.

“Saat ini pelayanan administrasi sudah semakin mudah pada Program JKN. Dalam satu Aplikasi Mobile JKN, dapat digunakan untuk beberapa ketentuan baik dengan menunjukkan KIS Digital pada saat berobat, mengambil nomor antrean online serta mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Sehingga semuanya semakin dipermudah cukup dengan aplikasi yang ada dalam genggaman,” kata Yulisno.

Sebagai penutup, Yulisno mengajak masyarakat agar segera terdaftar sebagai peserta JKN, karena pelayanan BPJS Kesehatan telah bertransformasi menjadi lebih baik. Peserta JKN juga dapat memaksimalkan kemudahan layanan yang terus dikembangkan BPJS Kesehatan, bahkan untuk pelayanan administrasi pun dapat dinikmati cukup dari rumah saja.

“Selain beberapa kemudahan layanan administrasi pada Aplikasi Mobile JKN, ternyata saat ini peserta JKN juga dapat mengakses layanan kesehatan pada fasilitas kesehatan, cukup dengan menunjukkan KTP atau NIK sudah langsung dapat dilayani di fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, saya imbau untuk masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, segeralah untuk mendaftarkan diri dan keluarga agar kita semua memiliki jaminan untuk kesehatan keluarga serta pelayanannya yang sudah sangat mudah,” tutup Yulisno. (as/SSSS/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *