Cara Membuat Cilok, Enak, Nggak Pakai Ribet


LAMPUKUNING.ID-Bagaimana cara membuat cilok sebenarnya? Untuk mengisi weekend, tidak hanya bisa digunakan untuk aktivitas berolahraga atau menonton TV saja.

Yang mana, Anda bisa mencoba memasak salah satu camilan lezat, yakni cilok yang merupakan makanan dengan bahan dasar berupa tapioka.

Bacaan Lainnya

Cilok sendiri merupakan makanan khas dari provinsi Jawa Barat yang kini bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Cilok lebih banyak dihidangkan tanpa kuah dengan bumbu berupa bumbu kacang atau bumbu bubuk. Meski banyak dihidangkan tanpa kuah, namun ada pula cilok yang dihidangkan menggunakan kuah yang membuatnya nampak lebih lezat sekaligus dapat menghangatkan perut.

Cilok biasanya dijual oleh pedagang keliling, namun Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah info tentang manfaat hingga cara membuat cilok!

Selain Sebagai Teman Nyemil, Apa Manfaat Lain Cilok?

Cilok memiliki rasa nikmat yang bisa membuat siapa saja tidak berhenti memakannya. Makanan satu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

Maka tidak heran, jika banyak penjual cilok memiliki banyak keuntungan dari penjualannya. Nah, lalu apa saja manfaat cilok selain sebagai teman nyemil di rumah? Berikut penjelasannya.

Cilok Bermanfaat untuk

Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi sebagian orang, cilok hanya memiliki manfaat untuk mengenyangkan perut saja. Namun, ternyata cilok memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini lantaran cilok yang berbahan dasar berupa tepung tapioka mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Selain itu, kandungan baik pada tapioka ternyata juga bisa digunakan untuk mencegah kanker usus besar.

Menjaga Tekanan Darah

Adapun manfaat cilok selanjutnya yakni dapat menjaga tekanan darah. Ini karena tepung tapioka mengandung kalium yang bisa menurunkan stress pada pembuluh darah.

Jadi, kesehatan tubuh dan pikiran Anda dapat seimbang. Tentunya dengan berkurangnya stress dalam diri akan membuat tekanan darah menjadi lebih berkurang.

Menjaga Fungsi Tulang
Tidak hanya mengandung kalium dan serat, kandungan tepung tapioka pada cilok juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah zat besi, selenium, asam folat, tembaga, vitamin B6, kalsium, dan vitamin K. Dengan kandungan kalsium dan vitamin K ini cilok bisa menjadi membuat tulang menjadi lebih sehat dan aktif bergerak.

Tidak hanya itu, ternyata pada tepung tapioka ini juga memiliki kandungan berupa protein yang bisa memenuhi kebutuhan protein Anda setiap harinya.

Nah, dari ketiga penjelasan mengenai manfaat cilok ini ternyata bahan utamanya yakni tepung tapioka memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan manusia.

Macam Cilok
Cilok ternyata memiliki beberapa macam kreasi yang bisa Anda contoh saat membuatnya. Macam-macam cilok ini memiliki kelezatan yang berbeda. Sudah penasaran bukan apa saja macam-macam cilok? Nah, berikut merupakan beberapa macam cilok yang bisa Anda buat saat di rumah seperti pada penjelasan berikut.

Cilok Kuah
Sesuai namanya yakni cilok kuah ini dihidangkan dengan kuah cilok yang hangat. Jika Anda memakannya saat hujan atau dengan kondisi udara yang dingin ini akan membuat tubuh menjadi hangat dan kenyang. Namun, bagi Anda yang tidak suka kuah cilok juga bisa meminta untuk dihidangkan cilok tanpa kuahnya.

Cilok Bakar
Tidak hanya disajikan dalam bentuk cilok yang dikukus, kini cilok juga banyak dijual dengan cara dibakar terlebih dahulu. Dengan proses pembakaran ini, membuat bumbu pada cilok dapat terserap ke dalam cilok. Dengan begitu, rasa cilok menjadi lebih nikmat apalagi jika di atasnya di tambahkan keju mozarela, nantinya akan menambah kelezatan cilok bakar.

Cilok Goreng
Ada lagi inovasi hidangan cilok yakni cilok goreng. Seperti namanya cilok ini digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan. Meski digoreng, tekstur rasa pada cilok tetap kenyal. Selain itu, karena melalui proses penggorengan, rasa cilok juga gurih. Jadi, saat memakan cilok goreng ini Anda bisa merasakan cilok dengan cita rasa gurih sekaligus kenyal.

Cilok Isi
Terakhir, ada cilok isi. Cilok isi merupakan cilok yang di dalamnya diberikan isian seperti telur puyuh, keju hingga daging. Dengan isian tersebut membuat harga pada cilok ini sedikit lebih mahal. Meski begitu, lidah Anda tidak akan merasa rugi karena rasa cilok yang kenyal dipadukan dengan isian dan saus yang nikmat akan membuat lidah Anda menjadi bergoyang.

Bahan Sederhana dan Cara Membuat Cilok
Dari penjelasan di atas, pastinya membuat Anda menjadi penasaran bukan bagaimana cara membuat cilok? Nah, untuk membuat cilok ini sangat mudah dengan alat maupun bahan-bahan yang bisa Anda temukan di rumah dan toko terdekat.Adapun bahan dan cara membuat cilok simple ini bisa Anda contoh di rumah, pada penjelasan di bawah ini.

Bahan Sederhana Cilok
Nah, untuk bahan dalam membuat cilok terdapat tepung tapioka dan tepung teigu sebanyak 100 gr, daun seledri dan daun bawang sebanyak 1 batang yang sudah di iris-iris, bumbu penyedap dengan rasa ayam secukupnya, sedikit gula, garam dan merica secukupnya serta air. Untuk air yang digunakan ini juga bisa Anda sesuaikan.

Cara Membuat Cilok
Adapun cara membuat cilok yang pertama adalah siapkan wadah untuk membuat adonan cilok.

Kemudian, masukan bahan adonan cilok berupa tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah yang sudah disiapkan hingga tercampur merata.

Tambahkan daun bawang dan daun seledri yang sudah diiris, garam, gula, serta merica secukupnya ke dalam adonan dan aduk kembali.

Langkah berikutnya Anda bisa memasukkan penyedap rasa ayam secukupnya ke dalam adonan sembari mengaduk adonan. Jika sudah tercampur rata, Anda bisa membentuk adonan menjadi bulat. Agar bentuk cilok menjadi bulat yang bagus, Anda bisa menggunakan alat berupa sendok. Lakukan hingga semua adonan berbentuk bulat semua.

Jika sudah selesai, Anda bisa menyiapkan panci berisi air dan beri sedikit garam untuk rasa cilok yang lebih nikmat. Tambahkan pula sedikit minyak goreng pada panci agar saat merebus cilok tidak lengket.

Kemudian, nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih. Jika sudah, Anda bisa memasukkan adonan cilok ke dalam panci hingga matang.

Untuk tanda-tanda cilok apakah sudah matang atau belum ini bisa dilihat apakah cilok sudah terangkat ke atas atau belum. Jika sudah terangkat ke atas permukaan air, maka cilok sudah matang.

Nah, jika sudah matang Anda bisa menyajikannya ke dalam mangkuk/piring dengan bumbu sesuai keinginan Anda.

Bumbu Cilok Sederhana
Kurang lengkap rasanya jika memakan cilok tanpa ada sambal atau bumbu. Untuk bumbu cilok sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Namun, jika Anda bingung sambal seperti apa yang cocok sebagai teman makan cilok ini bisa mengikuti beberapa saran untuk bumbu atau sambal yang pas sebagai teman makan cilok.

Saran yang pertama adalah bumbu kacang. Seperti namanya, bahan dasar untuk membuat bumbu cilok ini adalah kacang yang dihaluskan dengan campuran cabai, garam hingga asam jawa dan dicampur dengan kecap. Saran kedua, Anda bisa mencampurkan sauce dengan kecap yang bisa dijumpai di rumah.
Kemudian, Anda juga bisa menggunakan bumbu bubuk dengan berbagai rasa mulai dari rasa jagung bakar, rasa sapi panggang atau rasa bumbu bubuk pedas.

Nah, saran yang terakhir Anda bisa menggunakan sambal dari bahan gula merah, cabai, garam, dan sedikit kecap. Sambal gula merah ini tidak kalah nikmat dengan saran sambal sebelumnya. Cara membuat cilok di atas cukup mudah, bukan? (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *