Harga Cabai di Kota Jambi Melambung Capai  Rp70 Ribu/Kg

LAMUKUNING.ID,KOTA JAMBI- Jelang akhir tahun harga cabai di Kota Jambi melambung tinggi. Bahkan kenaikan harga cabai mencapai 25 persen.

Bacaan Lainnya

Hal itu disinyalir karena pasokan dari produsen cabai berkurang.

“Khusus harga sembako ini kita pantau terus melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Kemarin kita juga sudah rapat, tidak ada lonjakan harga yang signifikan,” kata Kepala Diaperindag Kota Jambi, Yon Heri, Rabu (10/11).

Menurutnya, pantauan di beberapa distributor sembako juga tidak ada masalah. “Distributor memiliki stok yang cukup. Ada sembilan gudang besar di Jambi ini yang kita pantau, dan stok masih tersedia dan tidak ada lonjakan harga,” ungkapnya.

Kata dia, hal perlu diwaspadai adalah bahan sembako penyumbang inflasi. Diantaranya cabai, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Berdasarkan laporan hasil monitoring DisPerindag Provinsi Jambi pada 10 November, harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat khususnya cabai di Pasar Induk Angso Duo, Pasar Rakyat Simpang Pulai dan Pasar Rakyat Talang Banjar Kota Jambi mengalami perubahan harga.

Cabai merah besar di Angso Duo mengalami kenaikan harga dari Rp44 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram. Kenaikan itu dipicu akibat berkurangnya pasokan cabe merah besar dari Lokal, Bengkulu, Palembang dan Jawa Tengah.

Untuk Cabai merah keriting mengalami kenaikan harga dari Rp46 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram. Sementara itu, Cabai Rawit Hijau harganya naik dari Rp14 ribu menjadi Rp18 ribu per kilogramnya.

Sementara itu, menurut Ishak salah seorang pedagang Cabai di Pasar Angso Duo mengatakan bahwa sejak kemarin harga cabai sudah naik. Pihaknya menjual cabai merah seharga Rp70 ribu per kilogramnya.

“Harga distributor sudah naik, kita jual eceran Rp70 ribu sejak kemarin (Selasa,red),” katanya.

Dia menambahkan, kenaikan harga cabai biasa terjadi jelang akhir tahun. Di mana sentra-sentra produksi cabai biasanya mengalami musim hujan. Sehigga pasokan berkurang. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *