Harus Tahu, Ini Tata Cara Pemilihan di Tengah Pandemi

Simulasi pemilihan di TPS di gelar KPU Bungo

LAMPUKUNING.ID, KABUPATEN BUNGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bungo menggelar simulasi pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang. Simulasi ini digelar pada Sabtu (21/11/2020) di dusun Suka Makmur kecamatan Bathin II Babeko.

Ketua KPU Bungo, Muhammad Bisri mengatakan ada hal baru terkait tata cara pemilihan di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ia menerangkan pada saat kedatangan para pemilih akan mengantri dengan menjaga jarak aman. Kemudian pemilih diminta agar mencuci tangan dan menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh. Petugas KPPS juga akan memberikan sarung tangan kepada calon pemilih.

“Pemilih agar membawa alat tulis sendiri, karena saat sampai ke TPS dan mengisi absen mereka akan menandatangani daftar hadir,” ujarnya.

Setelah mereka menyampaikan hak pilih dan memasukkan surat suara ke dalam kotak, pemilih akan membuang sarung tangan ke dalam tempat sampah dan selanjutnya diteteskan tinta ke jari tangan sebagai bukti bahwa sudah menyampaikan hak pilih.

“Begitu keluar cuci tangan kembali,” terangnya.

Komisioner KPU Bungo dua periode itu mengatakan pemilih dengan suhu badan tinggi diatas 37,3 derajat celcius, KPU sudah menyiapkan bilik khusus.

“Ketika dia masuk TPS nanti di cek suhu tubuh, jika suhu tubuh diatas 37,3 derajat dia diarahkan langsung ke bilik khusus yang disiapkan,” tuturnya.

Bisri berharap nantinya petugas KPPS bisa bekerja dengan baik saat hari pemilihan.

Simulasi pemilihan diawasi langsung Bawaslu Kabupaten Bungo.  Sementara Ketua Bawaslu Bungo, Abdul Hamid mengatakan penagwas TPS juga dilengkapi protokol Kesehatan.

“Nantinya, PTPS akan dilengkapi protokol Kesehatan seperti masker, face sild, handsanitizer,” tukasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *