Istri Mantan Pemimpin Kartel Narkoba Sinaloa di Tangkap

LAMPUKUNING.ID – Emma Coronel Aspiro (31) istri mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa di Mexico Joaquin”El Chapo” Guzman di tangkap oleh otoritas Amerika Serikat (AS) di Bandara Internasional Dulles, Amerika Serikat, Senin (22/02/2021).

Dilansir dari justice.gov (22/02/2021) Istri “El Chapo” Ditangkap karena Tuduhan Perdagangan Narkoba Internasional Istri Joaquin “El Chapo” Guzman Loera, pemimpin organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang dikenal sebagai Sinaloa Cartel, ditangkap hari ini di Virginia atas tuduhan terkait dengan dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional.

Bacaan Lainnya

Emma Coronel Aispuro, 31, warga negara ganda AS-Meksiko, dari Culiacan, Sinaloa, Meksiko, ditangkap hari ini di Bandara Internasional Dulles. Dia dijadwalkan untuk tampil di pengadilan federal besok di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia melalui konferensi video.

Menurut dokumen pengadilan, Aispuro didakwa berpartisipasi dalam konspirasi untuk mendistribusikan kokain, metamfetamin, heroin, dan mariyuana untuk diimpor ke AS. Selain itu, Coronel Aispuro diduga telah berkonspirasi dengan orang lain untuk membantu Guzman dalam pelariannya pada 11 Juli 2015 dari Altiplano. penjara, yang terletak di Almoloya de Juarez, Meksiko.

Setelah Guzman ditangkap kembali di Meksiko pada Januari 2016, Coronel Aispuro diduga telah terlibat dalam perencanaan pelarian penjara lain dengan orang lain sebelum ekstradisi Guzman ke AS pada Januari 2017. Guzman Loera dihukum oleh juri di Distrik Timur New York pada 2019 atas perannya sebagai pemimpin Kartel Sinaloa.

Cornel Aispuro didakwa dalam satu tuntutan pidana dengan konspirasi untuk mendistribusikan satu kilogram atau lebih heroin, lima kilogram atau lebih kokain, 1.000 kilogram atau lebih ganja, dan 500 gram atau lebih metamfetamin untuk impor yang melanggar hukum ke AS. Penjabat Asisten Jaksa Agung Nicholas L. McQuaid dari Divisi Kriminal Departemen Kehakiman dan Asisten Direktur yang Bertanggung Jawab Steven D’Antuono dari Kantor Lapangan FBI di Washington membuat pengumuman.

Kantor Lapangan FBI di Washington sedang menyelidiki kasus ini. Penjabat Wakil Kepala Anthony Nardozzi dan Pengacara Kate Wagner dari Bagian Narkotika dan Obat Berbahaya Departemen Kehakiman sedang menuntut kasus ini. Pengaduan pidana hanyalah tuduhan dan semua terdakwa dianggap tidak bersalah sampai terbukti bersalah tanpa keraguan di pengadilan.(**)

Sumber : https://www.justice.gov/opa/pr/wife-el-chapo-arrested-international-drug-traffick

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *