Jangan Kaget Harga Kuliner Di Papua

Foto:pegipegi.com

LAMPUKUNING.ID – Berbagai kuliner di seluruh Nusantara mempunyai harga yang  relatif tapi tidak di Irian Jaya terutama di Papua.  Nahh..bagi Traveller Domestik kamu jangan kaget kalau kulineran di Papua harga makanan di sana sangatlah mahal. Seperti yang berikut ini:

1.Nasi sayur dan ayam : Rp 25 ribu.

Bacaan Lainnya

Makanan warteg seperti nasi yang dicampur dengan sayur, lauk ikan atau ayam biasanya dipatok dengan harga Rp 10 ribu – Rp 15 ribu. Namun, kamu jangan kaget jika berkunjung ke Papua, tepatnya di daerah Tolikara. Satu porsi nasi sayur dan ayam bisa dibanderol Rp 25 ribu-35 ribu. Bahkan jika menambah lauk ikan bisa mencapai Rp 60 ribu lho.

2. Satu mangkuk bakso : Rp 75 ribu.

Bakso mudah sekali ditemukan, tanpa keluar rumah saja sudah banyak penjual yang keliling kompleks perumahan atau perkantoran. Harganya murah meriah mulai dari Rp 5.000 sampai 10 ribu saja. Lain halnya di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, harga seporsi bakso mencapai Rp 75 ribu.

3. Soto : Rp 40 ribu.

Soto biasanya dijadikan salah satu alternatif sarapan. Kuahnya yang segar dengan perasan jeruk nipis bakal membuat harimu lebih semangat, deh. Biasanya semangkok soto dibanderol dengan harga Rp 10 ribu saja. Di Papua harganya bisa berkali lipat, mencapai Rp 40 ribu lho.

4. Nasi Padang : Rp 80 ribu.

Nasi Padang menjadi salah satu representasi makanan Indonesia. Porsinya yang banyak dengan lauk beragam bikin nasi Padang selalu menjadi favorit semua orang. Biasanya, seporsi nasi Padang dijual mulai Rp 10 ribu hingga 20 ribu. Namun, saat berkunjung ke Papua, kamu harus merogoh kocek sampai Rp 80 ribu untuk seporsi nasi Padang.

5. Nasi penyetan ayam bakar : Rp 45 ribu.

Tipikal orang Indonesia suka sekali makanan pedas. Rasanya gak lengkap kalau makan tanpa sambal. Kita bisa dengan mudah menemukan warung penyetan di mana-mana dengan berbagai lauk. Mulai dari tempe tahu, ikan laut, ayam. Harganya murah meriah dari Rp 10 ribu-20 ribu saja. Berbeda saat di Wamena, Papua, seporsi nasi, lalapan dan paha ayam bakar harganya Rp 45 ribu.

6. Mi instan : Rp 15 ribu.

 

Mi instan menjadi makanan penyelamat anak kos karena harganya yang murah dan simpel memasaknya. Hanya dengan uang Rp 2-3 ribu saja, kamu bisa menikmati sebungkus mi instan yang nikmat. Biar makin lezat tambah deh telur ceplok di atasnya, cuma perlu Rp 5 ribu. Kalau kamu jadi anak kos di Papua, sebungkus mi instan di sana harganya Rp 15 ribu.

7. Air mineral : Rp 25 ribu.

 

Seringkali kita menggerutu ketika beli air mineral seharga Rp 5.000 karena terlalu mahal. Mungkin, kita lebih ngedumel lagi ketika berada di Pegunungan Tengah, Papua, karena harga air mineral di sana mencapai Rp 25 ribu per botol 1 liter. Sedangkan, di Jayapura, harganya sekitar Rp 12 ribu-Rp 15 ribu.

Tingginya harga makanan di sana disebabkan sulitnya transportasi untuk menjangkau daerah-daerah. Bahkan di beberapa wilayah harus menggunakan pesawat untuk mengangkut bahan makanan. Harga BBM di sana juga sangat mahal. Akibatnya biaya transportasi atau distribusi menjadi sangat mahal.(*)

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *