Pekerja PakarKasih Kota Jambi Bakal Dibekali Alat dan Uang Makan

LAMPUKUNING.ID,KOTA JAMBI- Program Pakarkasih ( Padat Karya Tunai Kali Bersih) akan dimulai serentak pada Rabu (17/11). Kegiatan tersebut dilangsungkan di 43 kelurahan di Kota Jambi.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius mengatakan, pemerintah telah menganggarkan Rp3 miliar untuk program pakarkasih tersebut.

Harapannya bisa mempercepat normalisasi drainase di Kota Jambi. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari program pakarkasih itu.

“Kurang lebih melibatkan 1.300 pekerja dan sudah kita rekrut sebelumnya,” katanya.

Total saluran yang akan dibersihkan sebut Yunius adalah sepanjang 80,35 Kilometer. Rata-rata tiap kelurahan bakal mempekerjakan sebanyak 30 orang.

“Pekerjaannya sampai 3 minggu,” katanya.

Kata Yunius, apel pembukaan nantinya akan langsung dipimpin oleh Walikota Jambi Syarif Fasha, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja bagi pekerja pakarkasih.

“Itu diberikan bantuan sepatu kerja, masker dan alatan untuk mengangkat sampah,” katanya.

Lanjut Yunius, para pekerja pakarkasih tersebut akan diberikan makan sebesar Rp10 ribu. Untuk makan pekerja akan dilibatkan UMKM sekitar kawasan pekerjaan.

“Setiap hari pekerja pakarkasih itu diberi makan 10 ribu. UMKM setempat diharap diberdayakan dan terberdayakan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan digulirkannya  program Pakarkasih ini adalah untuk memulihkan perekonomian warga di tengah pendemi COVID-19.

“Program pakarkasih tersebut untuk penguatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi,” kata Maulana.

Melalui program tersebut, Pemerintah Kota Jambi memberdayakan masyarakat untuk melakukan pembersihan terhadap kali (sungai) yang ada di dalam wilayah Kota Jambi. Dan pada umumnya masyarakat membersihkan kali yang berada di lingkungannya.

Maulana menjelaskan, dengan adanya program pakarkasih tersebut akan ada dana sebesar Rp3 miliar yang beredar di tengah masyarakat untuk penguatan ekonomi. Di sisi lain manfaat yang di terima yakni lingkungan dan sungai menjadi bersih. (LK07)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *