BLT Anak Sekolah

Siswa Belajar Tatap Muka (foto:LK)

AKARTA-Pemerintah kembali bakal salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) anak sekolah 2021 yang merupakan bagian dari kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan ini diberikan untuk beberapa jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Dilansir dari detik.com,Total bantuan yang diberikan mencapai Rp 4,4 Juta dengan rincian jenjang SD/sederajat Rp 900 ribu per tahun, SMP/sederajat Rp 1,5 juta per tahun, dan SMA/sederajat Rp 2 juta per tahun.

Bacaan Lainnya

Bantuan akan disalurkan dalam empat kali pencairan melalui empat Bank yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri.

Adapun syarat dan cara cek penerima BLT Anak Sekolah 2021 pada laman cek.bansos.kemensos.go.id adalah sebagai berikut.

Sebelum cek penerima BLT Anak Sekolah pastikan siswa memenuhi syarat sebagai berikut.

1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2. Harus terdaftar di lembaga formal dan nonformal, sesuai dengan daerah masing-masing

3. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan

4. Keluarga yang tidak mempunyai KIP, tetap bisa mendapat BLT. Caranya dengan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke dinas pendidikan terdekat

5. Untuk siswa yang tidak memiliki KKS, maka orang tuanya dapat meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari RT/RW serta kelurahan agar bisa mendaftar ke dinas pendidikan.

Setelah memenuhi syarat pastikan juga siswa sudah terdaftar sebagai penerima BLT Anak Sekolah 2021. Apabila belum terdaftar bisa mendaftar dengan cara:

– Mendaftar ke desa/kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK

– Setelah data sampai ke tahap pre-list akhir dan ditandatangani oleh kepala desa/lurah kemudian diverifikasi oleh dinas sosial menggunakan instrumen lengkap DTKS serta melalui kunjungan

– Data yang sudah diverifikasi dan divalidasi ini kemudian dicatat dalam sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan lalu dilaporkan pada bupati/wali kota

– Wali kota memberikan data tersebut yang telah disahkan pada gubernur untuk diteruskan pada menteri.

– Data penerima PKH ini kemudian dapat dilihat melalui dtks.kemensos.go.id dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK).

Cara cek data penerima BLT Anak Sekolah 2021

Setelah diterima, siswa bisa cek data penerima BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta dengan cara:

1. Masuk situs cekbansos.kemensos.go.id

2. Pilih Provinsi

3. Pilih Kabupaten/Kota

4. Pilih Kecamatan

5. Pilih Desa/Kelurahan

6. Masukkan nama lengkap sesuai KTP

7. Ketik kode huruf yang tertera

8. Klik Cari Data.

Nah, itulah cara cek penerima BLT Anak Sekolah 2021 Rp 4,4 Juta di cek.bansos.kemensos.go.id. Sekarang siswa sudah tahu kan?

(faz/lus)

Sumber:detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *