Peristiwa

Warga Tiga Dusun Hancurkan Mesin Dompeng

LAMPUKUNING.ID,BUNGO – Ratusan warga dari tiga Dusun menghancurkan puluhan mesin dompeng di beberapa lokasi yang ada di Kecamatan Rantau Pandan, Sabtu (27/07/2019) sekira pukul 09:00 WIB.

Aksi ini dipicu karena warga kesal aliran sungai batang bungo  keruh akibat aktifitas peti disekitar sungai batang bungo.

Ratusan warga dari Dusun Tebing Tinggi Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Dusun Rantau Duku dan Dusun Lubuk Mayan, Kecamatan Rantau Pandan melakukan penghancuran puluhan mesin dompeng yang dibeberapa titik dalam Kecamatan Rantau Pandan.

Feri tokoh pemuda asal Dusun Rantau Duku mengatakan masyarakat sangat resah dengan aktifitas peti yang beroperasi disekitar batang bungo.

“Sejak jauh hari sudah ada surat peringatan kepada para pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (Peti) yang ada di sekitar batang bungo, untuk menghentikan aktifitas sementara karena masyarakat Dusun Rantau Duku akan membuka Lubuk Larangan pada hari sabtu,

Akibat aktifitas peti air sungai menjadi keruh, sehingga pembukaan lubuk larangan Dusun Rantau Duku batal dilaksanakan”,kata Feri.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat ini, dia bersama warga tiga Dusun yang mengadakan aksi hari ini akan membuat laporan kepada pihak Kepolisian untuk menindak pemilik dompeng supaya kedepan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantauan tim lampukuning.id dilapangan, beberapa mesin dompeng yang dihancurkan sudah ditinggal oleh pemiliknya, warga juga menemukan beberapa masin dompeng yang sengaja dikubur dalam pasir atau tanah supaya tidak ditemukan oleh massa aksi.(ibm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Lampukuning.id | PT Raja Media Siginjai

To Top