(Gambar: Pelayanan BPJS Kesehatan di MPP Sarolangun. -foto:bpjs kes)
LAMPUKUNING.ID, SAROLANGUN -Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Muara Bungo terus berupaya tingkatkan akses layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi warga masyarakat dengan membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sarolangun pada hari Rabu Tanggal 20 Agustus 2025.
Dibukanya Layanan BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik tersebut bertujuan untuk mewujudkan kemudahan akses bagi Peserta JKN dalam memperoleh layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, Asfurina, mengatakan bahwasannya pembukaan layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Sarolangun merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.
“Dengan hadirnya loket layanan ini, kami berharap peserta JKN dapat mengurus keperluan administrasi secara lebih mudah, cepat, dan nyaman dalam satu tempat. Ini juga sejalan dengan upaya kami mendukung integrasi layanan publik yang memberikan kemudahan akses bagi seluruh lapisan masyarakat, ”harap Asfurina.
Sementara itu, Zainudin salah satu peserta yang datang ke loket layanan BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik Sarolangun mengapresiasi BPJS Kesehatan dengan keberadaan layanan tersebut.
“Saya sangat terbantu dengan adanya layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Sarolangun ini. Semua urusan seperti pendaftaran dan perubahan data jadi lebih mudah karena bisa diurus sambil mengurus keperluan lainnya. Pelayanannya juga cepat dan petugasnya ramah.” ucap Zainudin sambil mengacungkan jempol tangannya.
Diketahui, hadirnya BPJS Kesehatan di MPP merupakan salah satu bentuk layanan BPJS Keliling. BPJS Keliling sendiri bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara aktif dan menjangkau wilayah strategis di luar kantor cabang agar peserta JKN tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang.
Selain jemput bola, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan layanan non-tatap muka yang dapat diakses oleh peserta secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN atau Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). Semua demi kemudahan masyarakat dalam memperoleh mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara.
Dengan memanfaatkan MPP sebagai titik layanan, BPJS Kesehatan dapat:
• mendekatkan layanan ke masyarakat,
• memberikan kemudahan akses dan efisiensi waktu,
• serta mendukung integrasi layanan publik secara modern. (Benz)